Monday 20th of May 2024

Mengenal Jenis Metode Penelitian Berdasarkan Permasalahannya, Simak Hanya Disini!

×

Mengenal Jenis Metode Penelitian Berdasarkan Permasalahannya, Simak Hanya Disini!

--

ASCOMAXX.com - Dalam melakukan penelitian pasti menggunakan metode berdasarkan dengan permasalhan yang terjadi. Nah, berikut ini adalah jenis metode penelitian berdasarkan dengan permasalahan yang dihadapi. Simak selengkapnya dibawah ini. 

Penelitian adalah proses sistematis yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang suatu topik atau masalah tertentu. Dalam penelitian, metode ilmiah digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data guna menghasilkan informasi yang sahih dan relevan.


Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mengembangkan pengetahuan, memecahkan masalah, atau menguji hipotesis dengan pendekatan yang terstruktur dan obyektif.

Baca juga: Contoh Judul Skripsi Administrasi Publik Metode Kualitatif, Sering Digunakan Alumni Senior TOP!

Baca juga: Contoh Soal Metode Analitik dan Numerik Beserta Kunci Jawabannya, Belajar Jadi Makin Mudah

Baca juga: Perbedaan Materi Metode Analitik dan Numerik : Contoh Soal dan Pengertiannya

Penelitian melibatkan langkah-langkah seperti merumuskan pertanyaan penelitian, merancang metode penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini dapat berkontribusi terhadap perkembangan dalam berbagai bidang.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

1. Pendekatan Kuantitatif
Dalam pendekatan ini, sampel diselidiki menggunakan alat ukur sebagai instrumen. Analisis datanya dilakukan secara statistik atau berdasarkan angka, dengan tujuan menguji atau membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Secara umum, pendekatan kuantitatif terbagi menjadi dua bagian.

a. Pendekatan Survei
Pendekatan survei digunakan untuk memperoleh data tentang keyakinan, opini, hubungan antar variabel, atau karakteristik perilaku melalui sampel yang diambil dari populasi tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, baik melalui wawancara maupun kuesioner.

b. Pendekatan Eksperimen
Pendekatan eksperimen digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen (perlakuan atau treatment) terhadap variabel dependen (hasil) dalam kondisi yang dikendalikan.

Tujuannya adalah agar tidak ada faktor lain yang mempengaruhi variabel dependen selain variabel treatment. Untuk mengendalikan kondisi, digunakan kelompok kontrol. Penelitian dengan pendekatan ini sering dilakukan di laboratorium.

2. Pendekatan Kualitatif
Pendekatan ini biasanya digunakan untuk memeriksa objek dalam kondisi alamiahnya. Analisis datanya bersifat induktif, dan pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi atau kombinasi berbagai teknik. Menurut Creswell dalam Sugiyono (2012), pendekatan kualitatif terdiri dari lima jenis:

a. Penelitian Fenomenologis
Salah satu jenis pendekatan penelitian kualitatif adalah penelitian fenomenologis. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi partisipan untuk memahami fenomena esensial yang dialami oleh partisipan.

b. Teori Berdasarkan Data (Grounded Theory)
Selanjutnya adalah teori berdasarkan data atau Grounded Theory. Peneliti menghasilkan generalisasi dari analisis atau observasi yang dilakukan secara induktif, untuk memahami proses, interaksi, atau tindakan berdasarkan perspektif partisipan.

Sumber:

UPDATE TERBARU