Saturday 4th of May 2024

Jenis-jenis Gaya Pada Olahraga Lompat Tinggi, Begini Cara Prakteknya!

×

Jenis-jenis Gaya Pada Olahraga Lompat Tinggi, Begini Cara Prakteknya!

--

ASCOMAXX.com - Dalam pelajaran penjaskes, materi lompat tinggi ini termasuk salah satu materi yang wajib  diajarkan. Nah, lompat tinggi sendiri memiliki berbagai jenis gaya. Berikut ini adalah pengertian lengkapnya dan juga cara prakteknya.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) adalah bagian dari kurikulum pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik siswa melalui kegiatan olahraga dan latihan fisik yang teratur.


Dalam PJOK, siswa diajarkan tentang berbagai macam kegiatan fisik seperti senam, atletik, renang, bulu tangkis, dan sebagainya. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang bagaimana menjaga kesehatan melalui asupan makanan yang seimbang dan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Gambar Gerakan PSHT Pemula, Dari Gambar Pasang 1 Sampai 20 Untuk Latihan

Baca juga: 7+ Gambar PSHT Keren Untuk Wallpaper: Logo, Gerakan, Kuda-kuda Kualitas HD

Baca juga: Urutan Gerakan Tari Indang yang Baik dan Benar, Cocok Untuk Pentas Acara Kemerdekaan!

Mengenal Lompat Tinggi

Olahraga lompat tinggi meliputi pemahaman tentang teknik dasar, prinsip, dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam cabang olahraga ini. Siswa akan diajarkan mengenai berbagai jenis teknik melompat, seperti gaya gunting, gaya rol, dan gaya tengah.

Materi ini juga akan membahas tentang pentingnya pemanasan dan peregangan sebelum latihan, serta latihan-latihan khusus yang dapat meningkatkan kecepatan, kekuatan, koordinasi, dan fleksibilitas, yang semuanya merupakan faktor penting dalam berhasilnya melompat tinggi.

Jenis Gaya Lompat Tinggi

1. Gaya Gunting atau Scissors

Metode ini relatif mudah dipelajari, dimulai dengan pelompat yang berdiri tegak sedikit miring ke arah tiang mistar. Dengan momentum yang tepat, satu kaki menjadi tumpuan untuk mendorong melalui mistar. Kemudian, kaki yang lain menyusul saat mendarat.

Sumber:

UPDATE TERBARU