Monday 17th of June 2024

Sejarah Kerajaan Kediri: Tahun Berdiri, Masa Kejayaan dan Keruntuhan

×

Sejarah Kerajaan Kediri: Tahun Berdiri, Masa Kejayaan dan Keruntuhan

--

Pada permulaan perkembangannya, Kerajaan Kediri masih belum terlalu tercatat dalam sejarah. Prasasti Turun Hyang II (1044) dari Kerajaan Jenggala menyebutkan perang saudara antara Jenggala dan Kediri setelah wafatnya Raja Airlangga.

Riwayat Raja-raja Kerajaan Kediri

- Shri Jayawarsa Digjaya Shastraprabhu
- Shri Kameshwara
- Prabu Jayabaya
- Prabu Sarwaswera
- Prabu Kroncharyadipa
- Srengga Kertajaya
- Kertajaya

Masa Keemasan Kerajaan Kediri


Kejayaan puncak Kerajaan Kediri terjadi saat pemerintahan Jayabaya. Jayabaya dikenal tidak hanya sebagai pemimpin politik, tetapi juga karena ramalannya yang tercatat dalam naskah Jongko Joyoboyo.

Selain itu, pandangannya yang berpihak pada rakyat serta wawasannya yang jauh ke depan menjadi ciri khasnya yang dikenang.

Baca juga: Cara Membuat Mind Mapping Sejarah Kerajaan Kutai yang Mudah Buat Belajar

Baca juga: Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Sejarahnya

Baca juga: Cara Membuat Mind Mapping Sejarah Kerajaan Kutai yang Mudah Buat Belajar

Runtuhnya Kerajaan Kediri

Kehancuran Kerajaan Kediri terjadi pada masa pemerintahan Raja Kertajaya, sebagaimana dicatat dalam kitab Pararaton dan Nagarakertagama. Pada tahun 1222, Kertajaya diketahui melanggar norma agama dan memaksa kaum Brahmana untuk menyembahnya sebagai dewa.

Kaum Brahmana kemudian mencari perlindungan dari Ken Arok. Ken Arok, yang bercita-cita membebaskan Tumapel dari kekuasaan Kediri, memulai perang dengan Kerajaan Kediri di dekat desa Ganter.

Keberhasilan Ken Arok dalam mengalahkan Kertajaya menandai runtuhnya Kerajaan Kediri, yang akhirnya menjadi bagian dari kekuasaan Tumapel atau Kerajaan Singasari.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai sejarah kerajaan Kediri yang begitu panjang mulai dari masa kejayaan hingga runtuhnya kerajaan tersebut. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar. 

Sumber:

UPDATE TERBARU