Saturday 18th of May 2024

Orang - Orang yang Tergolong Dalam Kasta Sudra adalah: Bedah Sistem Pembagian Kasta Dalam Masyarakat

×

Orang - Orang yang Tergolong Dalam Kasta Sudra adalah: Bedah Sistem Pembagian Kasta Dalam Masyarakat

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai Kerajaan Tarumanegara, sebagai kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Agama Hindu merupakan sistem kepercayaan yang kaya, mencakup keyakinan yang bersifat monoteisme, politeisme, panenteisme, panteisme, monisme, dan ateisme. Konsep ketuhanannya bersifat kompleks dan bergantung pada nurani setiap umatnya atau pada tradisi dan filsafat yang diikuti.


Dalam agama Hindu mengenal sistem kasta. Pembagian kasta dalam masyarakat hindu sudah terjadi sangat lama. Pembagian kasta berasal dari himpunan hukum Manu yang merupakan kisah manusia pertama yang diciptakan Brahma.

Baca juga: Mengenal Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Hindu Tertua di Pulau Jawa dan Peninggalannya

Baca juga: Kerajaan Hindu Pertama di Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Sejarah Lengkapnya!

Baca juga: Kerajaan Bercorak Hindu-Budha yang Berlokasi di Pulau Sumatera Adalah?

Sistem pembagian kasta ini merupakan yang tertua di dunia dan berusia ribuan tahun. Pembagian kasta dalam masyarakat Hindu tercermin dalam stratifikasi sosial dan jabatannya, trah leluhur, hubungan kekerabatan, jabatab pemerintah dan sumber pendapatan.

Sistem kasta ini merupakan cara Hindu membagi masyarakat menjadi empat kategori utama, yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Hal itu diamini oleh kebanyakan masyarakat Hindu yang berasal dari Dewa Pencipta Hindu.

Para ahli sosial menafsirkan bahwa kasta merujuk pada karakteristik bawaan yang diwariskan. Sistem kasta didefinisikan sebagai sebuah tatanan yang membagi masyarakat Hindu ke dalam beberapa kelompok.

Sumber:

UPDATE TERBARU