Thursday 2nd of May 2024

Contoh Soal Penurunan Tekanan Uap Disertai dengan Pembahasannya

×

Contoh Soal Penurunan Tekanan Uap Disertai dengan Pembahasannya

--

ASCOMAXX.com - Penurunan tekanan uap masuk dalam pelajaran KIMIA yang biasanya diajarkan pada SMA. Untuk memudahkan dalam belajar, berikut ini akan kami bagikan contoh soal dan juga pembahasan mengenai materi tersebut yang bisa jadi pembelajaran kalian.

Penurunan tekanan uap adalah hasil dari uap yang timbul, yang bergantung pada seberapa banyaknya zat cair dan temperaturnya. Fenomena ini menjadi nyata saat zat cair dipanaskan, mengakibatkan penurunan tekanan uap seiring dengan molekul zat cair yang berubah menjadi uap.


Konsep penurunan tekanan uap memiliki signifikansi dalam mengenai berbagai karakteristik fisik, termasuk titik didih, entalpi penguapan, dan tegangan permukaan. Dalam dunia industri, pengetahuan tentang penurunan tekanan uap penting dalam proses seperti destilasi dan penguapan.

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Piket di HP Menggunakan Canva, Dijamin Mudah dan Desain Menarik

Baca juga: Contoh Soal Tes IQ SMA Lengkap Dengan Kunci Jawabannya Bantu Untuk Menentukan Jurusan yang Sesuai Minat dan Bakat

Baca juga: Contoh Soal Tes Skolastik LPDP 2023 dan Kunci Jawabannya, Menjawab Soal Test Jadi Makin Mudah!

Dalam ranah termodinamika, penurunan tekanan uap memiliki peran penting dalam menghitung titik didih suatu zat dan kelarutannya. Selain itu, faktor-faktor seperti temperatur, jenis molekul, jumlah molekul, dan jenis zat juga turut memengaruhi penurunan tekanan uap.

Contoh Soal dan Pembahasan

SOAL 1

Diketahui bahwa tekanan uap air murni sebesar 100 mmHg. Jika fraksi mol NaCl adalah 10%, maka besar penurunan tekanan uap adalah…

Jawaban:

P⁰ = 100 mmHg; Xt = 10% = 0,1

Lalu berapa ∆P = … ?

∆P = Xt × P⁰ = 0,1 × 100 mmHg = 10 mmHg

Jadi, tekanan uap turun sebesar 10 mmHg.

Sumber:

UPDATE TERBARU