Saturday 18th of May 2024

Cara Menghitung Weton Menggunakan Neptu, Makna Ratu Topo hingga Pegat

×

Cara Menghitung Weton Menggunakan Neptu, Makna Ratu Topo hingga Pegat

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara untuk menentukan kecocokan dalam perhitungan weton dan arti dari perhitungannya.

Weton merupakan sebuah tradisi masyarakat Jawa yang berupa sistem penanggalan Jawa. Weton dalam kalender Jawa menggambarkan hari-hari yang dapat digunakan sebagai patokan. Satu pekan di dalam kalender Jawa terdiri atas tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam, yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.


Patokan weton sendiri hadir berdasarkan istilah pancawarna di masyarakat Jawa dengan sistem pasaran Jawa. Dengan adanya makna tersebut, tiap weton memiliki berbagai prediksi mengenai hal-hal yang menyangkut tentang kehidupan.

Tafsiran weton dimaknai sebagai ramalan yang digunakan untuk menentukan peruntungan. Umumnya, dalam weton dilakukan sebuah perhitungan yang tepat agar dapat menyimpulkan angka yang dianggap baik.

Baca juga: Arti Weton Ketemu 31 Artinya Apa? Capai Kesuksesan Setelah Lewati Cobaan Pernikahan

Baca juga: Doa Dasar Katolik Tanda Salib: Arti Hingga Kapan Harus Membuat Tanda Salib

Baca juga: Arti Kedutan di Paha Kanan Menurut Primbon Jawa, Apakah Baik Atau Buruk? Ini Dia Faktanya

Cara Menghitung Weton

Cara untuk menghitung weton menurut primbon Jawa tidak lah sulit. Kalian hanya perlu mencocokkan hari kelahiran kalian dengan pasangan kalian.

Menghitung weton dilakukan dengan cara menjumlahkan neptu dari neptu penanggalan Islam dan juga neptu penanggalan Jawa.

Apa yang dimaksud dengan Neptu? Neptu sendiri merupakan angka – angka tertentu yang berkaitan dengan hari kelairan dan pasaran yang kalian memiliki. Neptu inillah yang digunakan untuk menghitung weton.

Sumber:

UPDATE TERBARU