Monday 6th of May 2024

Contoh Soal Persilangan Monohibrid Untuk Mapel IPS SMP Terbaru 2023/2024, Lengkap Dengan Kunci Jawaban!

×

Contoh Soal Persilangan Monohibrid Untuk Mapel IPS SMP Terbaru 2023/2024, Lengkap Dengan Kunci Jawaban!

--

ASCOMAXX.com – Dalam ilmu genetika, pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya dapat terjadi melalui persilangan monohibrid maupun dihibrid. Kedua persilangan ini termasuk ke dalam prinsip-prinsip genetika yang dikenal sebagai Hukum Mendel. Hukum Mendel adalah teori pewarisan sifat yang ditemukan oleh Gregor Johnn Mendel pada 1866. Teori ini secara sederhana menjelaskan tentang sistem untuk menganalisis sifat-sifat genetik suatu makhluk hidup.

Kini akan kami berikan informasi mengenai Contoh Soal Persilangan Monohibrid dan Dihibrid Untuk Mapel IPS yang akan kami sampaikan di bawah ini.


Baca juga: Kunci Jawaban Family 100: Apa yang Dibawa ke Resepsi Pernikahan?

Baca juga: Ide Kado Pernikahan yang Unik dan Menarik, Bisa Untuk Sahabat atau Keluarga!

Baca juga: Contoh Soal Assessment Promosi Jabatan PNS Lengkap Dengan Jawabannya, Jangan Lupa Belajar!

Persilangan monohibrid adalah persilangan dengan satu sifat beda. Persilangan ini hanya memperhatikan satu sifat saja, seperti warna bunga (merah, putih, dan ungu) atau bentuk buah (bulat, lonjong, dan kisut).

Persilangan monohibrid merupakan eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan Hukum Mendel I. Hubungan keduanya terjadi pada saat pembentukan gamet kedua (G2), gen di dalam alel yang sebelumnya berpasangan akan mengalami pemisahan secara bebas dalam dua sel anak (gamet).

Bunyi Hukum Mendel

Hukum I Mendel: “Setiap alel dari gen yang sama akan berpisah atau bersegregasi secara bebas pada saat pembentukan gamet.”

Hukum II Mendel: “Setiap alel dari gen yang berbeda akan bergabung atau berasortasi secara acak pada saat pembentukan gamet.”

Sumber:

UPDATE TERBARU