Sunday 19th of May 2024

Kondisi Geografis di Sebelah Selatan Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Penjelasannya!

×

Kondisi Geografis di Sebelah Selatan Pulau Jawa Adalah? Ini Dia Penjelasannya!

--


Untuk menambah informasi letak astronomis Pulau Jawa berada di antara 7°50′10″ - 7°56′41″ LS (Lintang Selatan) dan 113°48′10″ - 113°48′26″ BT (Bujur Timur). Posisi tersebut membuat luas Pulau Jawa mencapai 128.297 km2.

Baca juga: Sinopsis Drama Bride of the Typhoon, Balas Dendam Dengan Cara Menikah!

Baca juga: Link Nonton Drama Korea Hospital Playlist Season 2 Full Episode 1-12 Sub Indo yang Viral TikTok, Cara Unik 5 Dokter Menghabiskan Waktu Senggang


Baca juga: Cara Pakai MS Glow Acne Series dengan Benar dan Efektif, Jerawat Sirna dan Hasil Maksimal

Kondisi Geografis di Sebelah Selatan Pulau Jawa

Keadaan geografis yang berada di sebelah selatan pulau Jawa berupa gunung berapi. Letak astronomis Pulau Jawa dan Madura sendiri yaitu antara 113°48′10″ - 113°48′26″ BT dan 7°50′10″ - 7°56′41″ LS.

Untuk menambah informasi, gunung berapi merupakan rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan. Gunung ini terbentuk karena kegiatan di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang memainkan usaha ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya kegiatan vulkanik di sepanjang anggota tengah Pulau Jawa.

Diketahui jika Indonesia sendiri berada pada pusat pertemuan dua pegunungan muda, yaitu pegunungan sirkum Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik. Jalur tersebut juga menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan gempa bumi.

Nah, demikianlah informasi mengenai kondisi geografis di sebelah selatan Pulau Jawa yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU