Friday 14th of June 2024

Keunggulan dan Kekurangan Rangka Atap Kayu, Lengkap dengan Jenis-jenisnya!

×

Keunggulan dan Kekurangan Rangka Atap Kayu, Lengkap dengan Jenis-jenisnya!

--

Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling banyak diekspor ke luar negeri karena sering digunakan dalam pembuatan alat musik dan peralatan olahraga. Kayu ini memiliki tekstur sangat halus serta kekuatan dan daya tahan yang baik.


Kayu Bayur

Kayu bayur memiliki tekstur agak kasar dan tingkat keawetan sedang. Biasa digunakan sebagai bahan bangunan, lantai pertukangan, mebel, korek api, dan sisir.

Baca juga: Inilah Keunggulan dan Kekurangan Semen Mortar yang Wajib Diketahui, Ternyata Banyak Untungnya!

Baca juga: Berikut Keunggulan dan Kekurangan Asbes sebagai Atap Rumah, Waspada Pengaruh Terhadap Kesehatan!

Baca juga: Daftar Katalog Warna Cat Aquaproof Terbaru 2023, Beserta Keunggulan: Cat Pelapis Anti Bocor

Keunggulan Rangka Atap Kayu

- Mudah dalam Pemasangan

Salah satu kelebihan utama rangka atap kayu adalah kemudahan dalam pemasangannya. Ini membuat banyak orang lebih cenderung memilih rangka atap berbahan kayu dan mudah menemukan tenaga ahli dalam pemasangannya.

- Fleksibilitas

Rangka atap kayu memiliki fleksibilitas yang memudahkan pekerja dalam menyesuaikan bentuk rangka atap sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

- Kesan Alami

Penggunaan material kayu memberikan kesan alami pada rumah dan menciptakan suasana yang asri dan sejuk.

Kekurangan Rangka Atap Kayu

- Rentan Terhadap Serangan Rayap

Kayu merupakan sasaran utama rayap sehingga rangka atap kayu dapat mudah dimakan rayap. Pemilihan jenis kayu yang tua dan keras serta lingkungan yang rendah kelembaban dapat membantu menghindari masalah ini.

- Mudah Terbakar

Kelemahan lainnya adalah tingkat kebakaran yang tinggi. Meskipun kayu kuat, namun jika terkena api, akan mudah terbakar dan menyebabkan kebakaran sulit dipadamkan.

- Perubahan Ukuran

Kayu memiliki kemampuan alami untuk mengembang dan menyusut. Pilih dengan bijak dan tepat untuk menghindari perubahan ukuran pada rangka atap rumah.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait keunggulan dan kekurangan atap rumah kayau yang bisa jadi pilihan sebelum kalian membuat bangunan rumah. Sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber:

UPDATE TERBARU