Friday 17th of May 2024

Cara Menghitung Kebutuhan Kayu Untuk Rangka Atap Rumah, Perlu Diperhatikan Beberapa Hal Berikut!

×

Cara Menghitung Kebutuhan Kayu Untuk Rangka Atap Rumah, Perlu Diperhatikan Beberapa Hal Berikut!

--

ASCOMAXX.com - Dalam pembuatan atau pembangunan atap rumah, kayu menjadi salah satu material yang sering digunakan untuk penopangan genteng. Kayu memiliki harga berbeda tergantung jenisnya. Berikut cara menghitung kebutuhan kayu untuk atap rumah beserta dengan estimasi biayanya.

Sebuah bangunan umumnya terdiri dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, atap, pintu, dan jendela. Bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan bisa beragam, seperti semen, beton, batu bata, kayu, logam, pipa atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut


Atap rumah memegang peranan penting dalam melindungi penghuni dari berbagai kondisi cuaca, termasuk sinar matahari yang panas dan hujan. Tanpa atap, rumah akan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Ada berbagai jenis atap yang tersedia di pasaran, salah satunya dengan kerangka kayu.

Baca juga: Model Warung Makan Modern dari Kayu, Usung Konsep Aesthetic Ala Milenial!

Baca juga: Mudah! Begini Cara Plitur Kayu Supaya Hasil Mengkilap dan Tahan Lama, Bisa Tampilkan Kesan Mewah

Baca juga: Konstruksi Kuda-kuda Kayu Pada Rumah, Sederhana Namun Tetap Kokoh!

Bahan kayu menjadi salah satu pilihan utama yang sering digunakan untuk konstruksi atap rumah. Kekuatan kayu membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk membentuk rangka atap yang kokoh dan tahan lama.

Bahan kayu yang umum digunakan untuk atap rumah termasuk kayu keras seperti kayu meranti, kayu jati, dan kayu cendana. Bahan kayu untuk atap rumah memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan bentuk atap yang berbeda, seperti atap cekung, datar, atau miring.

1. Ukuran Atap Rumah

Untuk menghitung kebutuhan kayu rangka atap rumah, tentukan ukuran atap berdasarkan luas bangunan atau lantai. Misalnya, rumah dengan luas bangunan 100 m2 akan memerlukan atap sedikit lebih besar karena memperhitungkan kemiringan.

Rumus Menghitung Luas Atap Rumah

Atap datar diukur berdasarkan luas lantai. Cara menghitung luas atap adalah dengan menjumlahkan luas sisi-sisinya, menggunakan rumus sederhana: Luas atap = (a x b) + (c x d).

Sumber:

UPDATE TERBARU