Thursday 16th of May 2024

Tugas Guru BK (Bimbingan dan Konseling) yang Sesuai SKP di Sekolah, Bisa Jadi Tempat Curhat Terpercaya

×

Tugas Guru BK (Bimbingan dan Konseling) yang Sesuai SKP di Sekolah, Bisa Jadi Tempat Curhat Terpercaya

--

Pengertian SKP

Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) adalah ekspektasi kinerja yang akan dicapai oleh pegawai setiap tahun. Ekspektasi kinerja sendiri adalah harapan atas hasil dan perilaku kerja dari seorang pegawai.

Tujuan Pembuatan SKP

SKP dibuat dengan tujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja. SKP ini memuat berbagai target dan nilai yang jelas dalam setiap tugas pokok pegawainya.


Baca juga: Download Contoh Surat Keterangan Ijazah Belum Keluar dari Sekolah Format Word Gratis

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Ijazah Belum Keluar dari Sekolahan yang Baik dan Benar

Baca juga: Kumpulan Lirik Yel Yel Semangat Belajar yang Pendek dan Ceria Untuk Anak-Anak Biar Makin Mudah Menerima Pelajaran Sekolah

Fungsi Guru Bimbingan Konseling di Sekolah

1. Memberi Pemahaman Kepada Siswa Siswi

Memberi pemahaman kepada siswa yang harus diketahui oleh siswa sendiri, orang tua siswa, dan guru pada umumnya dan guru pembimbing.
Memberikan pemahaman tentang lingkungan sekitar sekolah dan siswa, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan hal – hal yang harus diketahui oleh siswa itu sendiri, orang tua siswa, guru pada umumnya dan guru pembimbing.
Memberikan pemahaman terhadap lingkungan yang lebih luas dan memberikan informasi jabatan dan pekerjaan, serta memberikan informasi sosial, budaya serta nilai – nilai yang harus diketahui oleh setiap siswa.

2. Memberi Pencegahan

Bimbingan dan konseling yang diberikan oleh Guru BK bermaksud untuk memberikan pengarahan kepada siswa agar bisa menghindari masalah yang mungkin bisa terjadi pada setiap siwa dan dikhawatirkan bisa mengganggu proses belajar mengajar di sekolah yang bisa menghambat dan juga menyulitkan bahkan menimbulkan kerugian dalam proses pengembangan siswa.

3. Penyelesaian dan Penuntasan Masalah

Guru BK bertugas sebagai guru yang memberi bimbingan serta konseling dalam penuntasan masalah dan menyelesaikan masalah yang terjadi di sekolah serta mencari jalan keluar apabila siswa mengalami masalah. 

Sumber:

UPDATE TERBARU