Thursday 16th of May 2024

Daftar Daerah Penghasil Batik di Pulau Jawa, Punya Corak dan Proses Pembuatan yang Khas

×

Daftar Daerah Penghasil Batik di Pulau Jawa, Punya Corak dan Proses Pembuatan yang Khas

--


1. Pekalongan

Kota ini mendapat julukan sebagai Kota Batik. Proses produksi batik di Pekalongan yang marak dan dikerjakan di rumah-rumah masyarakat. Dengan demikian, batik Pekalongan sudah menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan itu sendiri.

Baca juga: Rincian Gaji Panwaslu Pemilu 2024, Lengkap dengan Cara dan Syarat Pendaftarannya


Baca juga: Cara Pakai MS Glow Acne Series dengan Benar dan Efektif, Jerawat Sirna dan Hasil Maksimal

Baca juga: Daftar Kode Remote TV Akari Tabung dan Cara Settingnya, Nonton TV Anti Ribet dan Nyaman

2. Solo

Kota Solo atau Surakarta sebagai salah satu pusat batik di Indonesia sudah terbangun sejak masa lampau. Eksistensi Solo sebagai pusat batik di Indonesia tercermin dari banyaknya sentra batik di kota ini.

3. Yogyakarta

Yogyakarta dan batik memiliki perjalanan historis yang panjang. Wilayah Yogyakarta, tepatnya di Kota Gede adalah pusat kerajaan Mataram Islam saat awal didirikan oleh Panembahan Senopati. Sejak saat itu, daerah tersebut menjadi pusat peradaban Jawa, sekaligus tempat berkembangnya semua kebudayaan, termasuk batik.

4. Cirebon

Cirebon adalah daerah penghasil batik terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini menjadi motif batik khasnya sebagai ikon kota, yaitu motif Megamendung. Motif tersebut melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.

5. Tulungagung

Kabupaten Tulungagung terkenal dengan sentra-sentra batik tulis di era tahun 1970-an. Motif batik dari Tulungagung sebenarnya hampir mirip dengan daerah lain. Bedanya, motif batik Tulungagung lebih berani dalam memadukan warna.

Sumber:

UPDATE TERBARU