Sunday 9th of June 2024

Contoh Koda yang Jadi Bagian Dari Sebuah Teks Bahasa Indonesia, Biasanya Ada di Cerpen!

×

Contoh Koda yang Jadi Bagian Dari Sebuah Teks Bahasa Indonesia, Biasanya Ada di Cerpen!

--

Pengertian koda

Koda sendiri adalah bagian penting dalam unsur intrinsik sebuah cerita atau bacaan dan banyak yang tidak menyadari kehadirannya. Peranan koda itu sendiri hampir selalu ada dan bisa membantu kita dalam menyimpulkan sebuah cerita.

Jika berhubungan dengan konteks bacaan, koda ialah sebuah unsur yang terdapat pada cerita, yang mengandung amanat atau pesan yang ingin disampaikan cerita tersebut. Koda pada umumnya diletakkan di bagian akhir sebuah cerita, novel, atau sebuah bacaan.


Adanya koda ini juga mampu membantu pembaca memiliki kesimpulan yang jelas dari keseluruhan cerita. Namun, tidak semua cerita secara otomatis memiliki koda dengan penutup yang jelas. Beberapa cerita seringkali sengaja diakhiri dengan alur yang menggantung atau masih meninggalkan pertanyaan baru.

Dalam bacaan anekdot, pengertian koda adalah bagian akhir struktur teks untuk mendeskripsikan kesimpulan dari bacaan tersebut. Bagian ini dapat berisi penjelasan, komentar, atau persetujuan dari topik yang dibahas dalam sebuah tulisan bacaan.

Lalu, untuk sebuah bacaan biografi, koda adalah bagian akhir yang memuat tentang pesan atau amanat dari bacaan tersebut yang dapat diambil oleh para pembaca.

Dari beberapa makna dan konteks pengertian koda di atas, dapat dipahami jika koda merupakan bagian akhir dari sebuah tulisan entah itu sebuah bacaan seperti artikel, cerita, novel, biografi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Lirik Lagu Nabila Razali-Putus, OST Kerana Cinta Itu Ada: Drama Malaysia Terbaru di Disney+ Hotstar

Baca juga: Nonton Telefilem Suluhkan Aku Cahaya Full Movie, Dapatkan Akses Streaming di TV3!

Baca juga: Update Nonton Dou Suru Ieyasu (2023) Episode 2, Perjuangan Takechiyo Dalam Peperangan!

Contoh Koda Dalam Sebuah Cerita

Dilansir dari buku Panduan Menulis Cerpen Praktis, Lengkap dan Mudah Diterapkan oleh A Wan Bong

Ada suatu cerita tentang sebuah rumah di pelosok desa. Sangat terpencil hingga tidak ada seorang pun yang mengetahui lokasi tersebut, kecuali para penduduknya.

Dengan beranggotakan 20 kepala keluarga, desa tersebut memiliki seorang kepala desa yang amat ramah bernama Rahmat. Para warga sangat mencintai pak rahmat, karena ia adalah sosok kepala desa yang adil. Hingga pada suatu malam terdengar keramaian di depan salah satu rumah.

Satu persatu warga desa terbangun mendengarnya, mengabaikan dinginnya angin malam. Mereka mulai bertemu di salah satu perempatan, saling menanyakan mengenai apa yang sedang terjadi.

Pak kepala desa pun menceritakan apa yang terjadi. “Ada suara ledakan yang tidak terlalu keras, lalu muncul asap dan api yang berkobar“ kata pak kepala desa. Oh, ternyata ada kebakaran di salah satu rumah warga.

Bagian saat pak Rahmat menceritakan tentang munculnya suara ledakan, asap, dan api merah yang berkobar-kobar adalah koda.

Itu dia informasi sekilas yang dapat kami berikan mengenai pembahasan tentang contoh koda. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU