Friday 17th of May 2024

Bacaan Acara Syukuran Menempati Rumah Baru Menurut Agama Islam, Lakukan Ini Biar Berkah

×

Bacaan Acara Syukuran Menempati Rumah Baru Menurut Agama Islam, Lakukan Ini Biar Berkah

--

Doa menempati rumah baru merupakan aturan tertulis yang harus diucapkan saat akan menempati rumah baru. Yang mana pindah rumah merupakan hal yang krusial sehingga dengan mengadakan acara syukuran diharapkan supaya terhidar dari marabahaya dan agar keberuntungan selalu menyertai keluarga di tempat baru.

Karenanya tak heran, banyak yang meyakini bahwa pindah ke rumah baru ada aturan tertentu. Salah satunya, menggelar syukuran berikut pengajian seraya melakukan doa menempati rumah baru. Untuk itu, simak doa menempati rumah baru serta adab pindah rumah berikut ini.

Bacaan Acara Syukuran Menempati Rumah Baru


1. Membaca Surat Al-Baqarah

Saat menempati hunian baru, Rasullulah menganjurkan untuk membaca Surat Al-Baqarah. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah:

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR. Hakim).

2. Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29

Dalam surat Al-Mu’minun ayat 28-29 dijelaskan bahwa rumah adalah tempat dengan keberkahan yang diberikan oleh Allah yang patut kita syukuri. Adapun amalan ini sebaiknya diawali dengan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Bacaan ini dapat dibaca waktu pagi dan sore hari.

Baca juga: 3 Doa Mustajab Pengusir Jin dan Setan dari Rumah, Amalkan dan Lindungi Keluarga Tercinta

Baca juga: Kumpulan Doa Persembahan Kristen Protestan Untuk Ibadah Minggu Agar Mendapat Berkat Tuhan

Baca juga: 5 Doa Persembahan Kristen Protestan Yang Singkat Untuk Dibacakan Saat Ibadah

3. Membaca Surat Al-Ikhlas

Bacaan surat Al-Ikhlas ini akan meluaskan rejeki orang yang membacanya termasuk di dalam rumah, untuk kemudian mengalir ke tetangga-tetangganya.

Sumber:

UPDATE TERBARU