Sunday 19th of May 2024

7 Contoh Alat Peraga Matematika SD/MI Kelas 1 Kurikulum Merdeka, Bikin Siswa Makin Excited Belajar

×

7 Contoh Alat Peraga Matematika SD/MI Kelas 1 Kurikulum Merdeka, Bikin Siswa Makin Excited Belajar

--

7 Contoh Alat Peraga Matematika SD/MI Kelas 1 Kurikulum Merdeka

1. Balok 

Balok unit adalah alat peraga matematika sederhana yang terdiri dari kumpulan balok kecil dan sering digunakan sebagai alat bantu belajar menghitung sambil bermain sejak usia dini. Balok unit juga digunakan untuk belajar menyusun benda sesuai dengan bentuk sehingg materi yang disampaikan tidak terkesan membosankan.

2. Menara Kerucut

Menara kerucut adalah salah satu jenis alat peraga matematika yang dapat digunakan untuk mempelajari urutan terkecil hingga terbesar. Menara kerucut dibuat menjadi beberapa bagian yang mana bagian paling atas adalah bangun terkecil. Semakin ke bawah ukuran akan semakin besar.


3. Jam Kayu

Jam kayu adalah alat peraga matematika yang berguna untuk mempelajari cara menghafal jam. Jam kayu sangat cocok diajarkan kepada anak-anak SD yang mana masih dalam tahap mempelajari jam.

Baca juga: Contoh Soal C1 Sampai C6 Matematika SD Kelas 4 Lengkap Beserta dengan Pembahasannya

Baca juga: Rumus Titik Berat Trapesium Sama Kaki dan Contoh Soalnya, Belajar Matematika Jadi Makin Mudah

Baca juga: Sinopsis Film Um Ano Inesquecível: Primavera (An Unforgettable Year: Spring) 2023 Kisah Jasmine yang Suka Matematika Karena Cowok

4. Sempoa

Sempoa adalah alat peraga matematika yang berguna untuk mempermudah hitung menghitung. Sempoa terdiri dari susunan manik-manik yang disusun dalam kawat. Manik-manik dapat digeser secara satuan untuk mempermudah proses perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

5. Busur Derajat

Busur derajat merupakan alat peraga matematika yang berguna untuk mengetahui besaran sudut suatu bangun datar. Busur derajat memiliki bentuk setengah lingkaran. Penggunaan busur derajat adalah untuk mengetahui besaran sudut lancip, sudut siku-siku ataupun sudut tumpul.

Sumber:

UPDATE TERBARU