Sunday 19th of May 2024

Cara Mengetahui Pin ATM Orang Yang Sudah Meninggal, Ahli Waris Wajib Catat!

×

Cara Mengetahui Pin ATM Orang Yang Sudah Meninggal, Ahli Waris Wajib Catat!

--

Cara Mencairkan Rekening ATM Orang yang Sudah Meninggal

Kamu bisa mencari tahu lewat berkas-berkas dokumen yang disimpan oleh almarhum. Setiap bank memiliki prosedur yang berbeda. Umumnya bank hanya akan memberi akses pada ahli waris yang sah dengan proses yang ketat. Ini dilakukan semata hanya ingin memastikan agar rekening memang jatuh kepada pihak yang berhak yakni rekening ahli waris yang sah.

1. Melengkapi Berkas yang Diminta Pihak Bank


- KTP ahli waris dan KTP pemilik rekening
- Sertifikat deposito (untuk deposito), buku tabungan (pemilik tabungan)
- Surat kematian
- Surat keterangan ahli waris

2. Pergi ke kelurahan dengan membawa dokumen seperti salinan KTP semua ahli waris yang masih hidup, kartu keluarga, serta surat kematian dari disdukcapil.

3. Jika ada ahli waris yang berhalangan, bisa diwakili orang lain dengan surat kuasa bermaterai.

3. Serahkan surat keterangan ahli waris yang ditandatangani lurah harus dibawa ke kecamatan untuk ditandatangani camat.

4. Untuk pencairan dana dengan nominal yang besar ada juga bank yang membutuhkan syarat pengesahan surat hak ahli waris oleh notaris. 

5. Setelah melengkapi semua dokumen, kamu harus mengajukan penutupan rekening terlebih dulu sebelum bisa mencairkan dana. Proses penutupan rekening ini memerlukan waktu, karena pihak bank harus melakukan proses verifikasi seluruh dokumen yang kamu ajukan.

- Mencairkan Dana yang Ada Pada Rekening Bank
- Setelah rekening disetujui untuk ditutup, barulah proses pencairan dana ke rekening ahli waris bisa dilakukan. Sebenarnya jika semua syarat dan dokumen yang diminta lengkap dan sesuai, kita tidak perlu khawatir, karena bank tentu akan mencairkan dana sesuai hak ahli waris.

Baca juga: Download Template Contoh Surat Permohonan Pergantian Spesimen Bank BCA Sesuai Persyaratan dan Gratis

Baca juga: Contoh Surat Permohonan Pergantian Spesimen Bank BCA yang Baik dan Benar, Langsung Lengkapi Persyaratan Ini!

Baca juga: Link Download Bank Soal Tes Masuk Teknik Informatika dan Kuci Jawaban Terbaru!

Cara membuka kartu ATM yang diblokir

Setelah tiga kali memasukkan PIN ATM yang salah, maka kartu akan otomatis terblokir. Ketika Lupa PIN ATM, Hindari Coba-coba Input PIN Berkali-kali. Batas kartu ATM agar tidak terblokir akibat salah PIN adalah dua kali memasukkan kode angka yang salah. Jadi, jangan sampai kamu memasukkan PIN ATM yang salah sebanyak tiga kali. Karena otomatis kartu akan diblokir.

1. Bank Mandiri

Kamu bisa menghubungi call center Bank Mandiri di nomor 14000 atau (021) 5299-7777. Atau datangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

2. BNI

Hubungi call center BNI di nomor 1500046. Pilihlah nomor 2 (dua) untuk melaporkan kartu hilang dan pemblokiran kartu. Lalu pilih nomor 1 (satu) untuk memilih jenis kartu debit dan berbicara dengan customer service.

3. BCA

Hubungi Halo BCA di nomor 500888 atau (021) 235-88000. Customer service akan membantu untuk membuka blokir kartu. Atau datangi kantor cabang BCA dengan membawa berkas pelengkap, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas asli.

Sumber:

UPDATE TERBARU