Tuesday 14th of May 2024

Latar Belakang Pemberontakan Apra di Jawa Barat, Dipicu Oleh RIS yang Kembali Menjadi Republik Indonesia

×

Latar Belakang Pemberontakan Apra di Jawa Barat, Dipicu Oleh RIS yang Kembali Menjadi Republik Indonesia

--

ASCOMAXX.com - Artikel ini akan berisi pembahasan mengenai latar belakang dari pemberontakan Apra di Jawa Barat untuk kamu. Untuk mengetahui informasinya, simak artikel yang sudah kami siapkan di sini sampai habis.

Buat kamu yang suka mempelajari sejarah pasti ingat kata Soekarno dong, jasmerah, jangan sekali-sekali merupakan sejarah. Hal ini karena sejarah adalah hal yang sangat penting dan menjadi fondasi dalam berdirinya suatu bangsa.


Pernahkanh kamu mendengar Gerakan Apra? Berikut ini kami sampaikan pembahasan mengenai informasi selengkapnya yang sudah banyak dinantikan. Baca hingga usai, ya!

Baca juga: Fakta Menarik Film Balada Si Roy, Latar Tahun 80-An Dengan Hasil Kolaborasi Epic Gol A Gong dan Fajar Nugros

Baca juga: Viral Obat Sinus Pakai Bawang Putih Apa Bisa Sembuh? Cek Faktanya di Sini Sebelum Ikut-Ikutan

Baca juga: Disebut Dunia Yang Hilang, 7 Fakta Pulau Socrota yang Jadi Lokasi Paling Terisolir di Muka Bumi Ini Bikin Merinding

Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) adalah peristiwa pemberontakan yang meletus pada 23 Januari 1950 di Bandung. Pemberontakan ini dipimpin oleh Raymond Westerling, mantan kapten tentara Kerajaan Hindia Belanda Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger (KNIL).

Dibubarkannya Republik Indonesia Serikat (RIS) yang kembali ke Republik Indonesia ini tak disetujui oleh APRA. Meskipun sudah diputsukan melalui hasil Konferensi Meja Bundar di Den Haag tahun 1949 dimana tentara KNIL akan dibubarkan dan akan dimasukkan ke dalam kesatuan-kesatuan TNI.

Sumber:

UPDATE TERBARU