Wednesday 29th of May 2024

Contoh Laporan Keuangan Gereja dan Link Download Templatenya yang Terlengkap

×

Contoh Laporan Keuangan Gereja dan Link Download Templatenya yang Terlengkap

--

Persyaratan Pelaporan Keuangan Gereja

Laporan keuangan gereja berfungsi untuk membuat semua orang tahu berapa banyak uang yang masuk ke gereja dan berapa banyak yang dihabiskan. Namun membuat laporan keuangan gereja bukanlah hal yang mudah. 

1. Neraca


Neraca didasarkan pada rumus akuntansi yang menyatakan aset harus sama dengan kewajiban ditambah ekuitas. Dokumen ini menguraikan dan menjumlahkan semua aset di sisi kiri buku besar dan semua kewajiban dan ekuitas di sisi kanan buku besar.

2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah dokumen paling penting untuk disertakan dalam setiap laporan keuangan gereja dan laporan tahunan. Laporan pendapatan dan pengeluaran ini menunjukkan laba bersih atau rugi bersih untuk tahun tersebut. 

3. Laporan Biaya

Laporan pengeluaran dapat dinyatakan dalam bentuk yang berbeda tetapi harus transparan menyebut bagaimana organisasi membelanjakan uangnya.

4. Saldo Dana

Sebagian besar gereja dan organisasi nirlaba mengumpulkan uang untuk berbagai kebutuhan, atau dana. Jadi bisa dicatatkan juga saldo yang ada saat ini.

Baca juga: Daftar Gereja Kristen di Makassar yang terdekat Dari Lokasi Saya, Buka 24 Jam Setiap Hari

Baca juga: 25 Alamat Gereja Kristen Terdekat di Kediri Jawa Timur Lengkap Dengan Lokasi Google Mapsnya

Baca juga: Daftar Gereja Katolik Jakarta yang Terdekat Dari Lokasi Saya : Alamat, Jam Buka dan Jadwal Misa Harian

Manfaat Laporan Tahunan

Laporan keuangan gereja harus memberikan ringkasan lengkap tentang semua aktivitas keuangan gereja. Laporan tahunan gereja dirancang untuk tokoh masyarakat , otoritas lokal, dan bahkan organisasi nirlaba lainnya di area tersebut. Laporan tahunan tidak hanya berfokus pada angka, tetapi juga menyajikan statistik lainnya yang tak kalah penting. 

Sumber:

UPDATE TERBARU