Monday 20th of May 2024

DIY Cara Membuat Box Sound System Outdoor 15 Inch Bass Jauh Sendiri, Cuma 5 Step

×

DIY Cara Membuat Box Sound System Outdoor 15 Inch Bass Jauh Sendiri, Cuma 5 Step

--

Kami sarankan menggunakan RDV 215 yang merupakan jenis box subwoofer folded horn double driver 15 inch, yang memungkinkan menghasilkan jangkauan bass yang jauh. Desain utama dari box ini adalah sealed subwoofer yang dirancang sebagai speaker bass jauh. Driver yang cocok adalah driver yang juga didesain untuk speaker subwoofer.

Cara Membuat Box Sound System Outdoor 15 Inch Bass Jauh

1. Membuat Garis Pemotongan Pada Permukaan Material


Persiapkan 2 lembar papan berukuran 122cm x 244cm sebanyak 2 lembar dengan ketebalan 15 mili. Buat garis-garis pemotongan pada permukaan papan sebelum memotong untuk membuat bagian-bagiannya. Dengan merencanakan seperti ini akan lebih memudahkan dn mempercepat serta menghindari membuang banyak potongan kecil yang sia-sia.

2. Sudut Pemotongan Tepi

Usahakan sudutnya pas sehingga box lebih kuat dan meminimalisir kebocoran karena box ini harus vakum/kedap pada bagian kabinet driver.

3. Membuat Garis Layout

Buat garis layout sebagai garis pemandu pada saat menempelkan panel-panel yang sudah dibuat. Dengan membuat garis ini diharapak bisa lebih mempercepat pekerjaan dan bisa lebih presisi.

Baca juga: Gambar Skema Box Speaker CBS, Lengkapi Bahan-Bahan Berikut Untuk Membuatnya

Baca juga: Skema Box Speaker Planar 6 Inch dan Tata Cara Pembuatannya Paling Mudah

Baca juga: Rakitan & Skema Box Speaker 12 Inch Untuk Bass Jauh, Gampang Banget Buat Diikuti

4. Gabungkan Semua Panel

Ketika menggabungkan semua panel dengan ukuran yang sudah dibuat untuk membuat box speaker 15 inch bass jauh, gunakan lem kayu dan sekrup. Buat box speaker sedemikian rupa supaya presisi agar tidak terjadi kelonggaran yang menyebabkan angin bisa masuk melalui sela-sela sambungan. Hal ini terutama pada kabinet box yang kedap udara atau vakum untuk memaksimalkan kualitasnya.

5. Finishing

Jika semua tahapan sudah selesai maka ini saatnya melakukan finishing. Finishing adalah langkah terakhir untuk membuat box RDV double 15 inch bass jauh nampak rapi dan menarik serta profesional. Boleh saja menggunakan cat textur atau dilapisi karpet sesuai dengan selera masing-masing. Berikan dempul atau cat dasar supaya material plywood lebih awet karena air tidak bisa meresap.

Rekomendasi Box Speaker Lapangan Terbaik Full Bass

1. Box Sound System CBS

Walaupun di urutan terakhir, Box Sound System CBS tentunya juga direkomendasikan untuk penggunaan di lapangan maupun karnaval dan tidak kalah dengan box sound system yang lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU