Sunday 2nd of June 2024

Cara Menghitung Nilai Akhir Ujian Nasional yang Benar dan Cepat

×

 Cara Menghitung Nilai Akhir Ujian Nasional yang Benar dan Cepat

--

Fungsi Nilai UN

1. Pengukur Kemampuan Akademis

UN memang ditujukan untuk mengukur pencapaian siswa tentang akademiknya di sekolah. Nilai rata rata UN akan menjadi cerminan hasil yang sudah kamu dapatkan selama mengikuti pembelajaran di sekolah. 


2. Menjadi Syarat Beasiswa

Salah satu syarat beasiswa adalah memiliki daftar nilai yang bagus. Nilai UN adalah salah satu syarat yang bisa dipertimbangkan dalam pelaksanaan seleksi penerimaan beasiswa. Jika memiliki nilai rata rata UN yang bagus, maka besar kemungkinan kamu bisa mendapatkan beasiswa.

3. Mendaftar Perguruan Tinggi Swasta

Pendaftaran PTS tidak hanya membutuhkan biaya, namun juga nilai UN. Biasanya, pihak kampus akan memberikan syarat untuk melampirkan nilai UN dalam pendaftarannya. Jadi, nilai UN akan memiliki peran penting dalam proses seleksi. Namun, hal tersebut hanya berlaku pada PTS yang memang menerapkan sistem ini. 

4. Kuliah di Luar Negeri

Nilai Ujian Nasional memiliki peranan cukup penting. Hal tersebut terjadi karena nilai UN dapat menjadi pertimbangan dalam seleksi perguruan tinggi di luar negeri.

5. Berguna untuk Mendaftar Sekolah Kedinasan

Pada sekolah kedinasan, ada syarat khusus mengenai nilai untuk melakukan pendaftaran. Di mana kamu harus memiliki rata rata nilai UN minimal 70. Jika ingin mendaftar sekolah kedinasan, pastikan untuk memiliki rata rata nilai di atas minimal tersebut. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh meremehkan Ujian Nasional.

Baca juga: PPDB Jawa Tengah 2023 Lengkap Dengan Cara Penghitungan Nilai Akhir

Baca juga: Cara Melihat Nilai Indeks Sekolah PPDB Jatim 2023, Terbaru Untuk Semua Jenjang!

Baca juga: 10 Contoh Paribasa Pangjurung Laku Hade, Sebuah Pribahasa Sunda Berisi Petuah Nilai - Nilai Kehidupan

Cara Menghitung Nilai Akhir Ujian Nasional yang Benar dan Cepat

Dengan perhitungan sederhana, berikut coba kita tampilkan tabel nilai siswa yang mungkin dengan aturan skor semua soal UN adalah sama dan tidak ada pengurangan skor untuk soal yang salah. Kita ambil contoh untuk mata pelajaran yang banyak soal UN adalah 40.

Sumber:

UPDATE TERBARU