Friday 10th of May 2024

Cara Menghitung Nilai Akhir Ujian Nasional yang Benar dan Cepat

×

 Cara Menghitung Nilai Akhir Ujian Nasional yang Benar dan Cepat

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai penjelasan tentang  cara menghitung nilai akhir ujian nasional yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Perhitungan Ujian Nasional sendiri tidak ada tertulis dalam POS Ujian Nasional ataupun pada lembar soal UN tentang bagaimana penghitungan nilai akhir ujian nasional.


Lantaran tidak aturan yang tertulis dengan jelas maka beberapa guru atau siswa mencoba menafsir cara pengambilan nilai akhir UN yaitu bahwa skor semua soal UN adalah sama dan tidak ada pengurangan skor untuk soal yang salah. Penasaran, yuk simak di sini!

Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Arab Singkat Tema Nilai Waktu dalam Kehidupan Seorang Muslim Beserta Artinya Bahasa Indonesia

Baca juga: Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB Jatim (Jawa Timur) 2023, Ikuti Langkah Mudahnya Di Sini!

Baca juga: Penghitungan Nilai Akhir PPDB Jabar (Jawa Barat) 2023, Cek Cara Mudahnya di Sini!

Ujian Nasional biasa disingkat UN/UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan di Indonesia sekaligus menguji kemampuan siswa menyerap materi yang diajarkan guru.

Mata pelajaran yang diujikan untuk SMA/MA antara lain adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan (IPA/IPS). Sedangkan SMK/MAK; Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Sejak 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN).

Sumber:

UPDATE TERBARU