Sunday 19th of May 2024

No WA PLN yang Aktif dan Bisa Dihubungi Untuk Konsultasi Masalah Litrik Kapan Saja Gratis

×

No WA PLN yang Aktif dan Bisa Dihubungi Untuk Konsultasi Masalah Litrik Kapan Saja Gratis

--

Kini masyarakat bisa mengakses laman resmi PLN, http://www.pln.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai pembebasan tagihan listrik atau pengurangan tarif sampai 50 persen.

Tak hanya itu masyarakat dapat mengirim pesan ke nomor 08122123123. Tinggal ketik (pesan) apa saja, masukkan ID pelanggan, nanti akan ada token listrik gratis yang kemudian bisa dimasukkan ke KWh meter.


Perlu diketahui, tidak semua pelanggan berhak mendapat bantuan. Pasalnya, hanya ada dua kelompok yang menerima insentif, yaitu pelanggan listrik berkapasitas 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi.

Baca juga: Kode Error AC Sharp, Dari Kerusakan Pada Pompa Air Hingga Tegangan Listrik Tidak Stabil

Baca juga: 20 Contoh Kegiatan Boros Energi Listrik yang Tanpa Sadar Sering Banget Dilakukan di Kehidupan Sehari-Hari

Cara Pengaduan PLN Lewat WhatsApp

Bagi pengguna WhatsApp, Anda juga dapat mengajukan laporan pengaduan kelistrikan melalui WhatsApp resmi PLN di nomor 08122-123-123. Adapun beberapa jenis gangguan listrik PLN yang kerap dikeluhkan pengguna, antara lain:

1. Power Failure
Power failure atau sering disebut dengan istilah mati lampu merupakan gangguan listrik akibat dari hilangnya sumber listrik dari mesin utama atau pusat.

2. Power Surge
Power surge terjadi saat voltase listrik tiba-tiba meningkat dua kali lipat. Gangguan listrik ini biasanya diakibatkan oleh sambaran petir dan dapat menyebabkan kerusakan pada alat-alat elektronik.

3. Power SAG

Power SAG merupakan gangguan yang terjadi saat voltase listrik tiba-tiba menurun hingga 80 persen. Akibatnya, alat-alat elektronik yang sedang dioperasikan berpotensi untuk rusak.

4. Under Voltage

Gangguan yang juga dikenal dengan istilah brown out ini terjadi ketika voltase berkurang dalam beberapa menit dan hampir mirip dengan power SAG. Bedanya, under voltage hanya terjadi beberapa saat saja, sedangkan power SAG dapat lebih lama.

5. Over Voltage
Over voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melebihi batas normal dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Gangguan ini merupakan kebalikan dari under voltage karena terjadi ketika voltase meningkat.

6. Eletrical Line Noise

Electrical line noise merupakan gangguan listrik yang terjadi karena adanya gelombang listrik yang tidak tepat. Gangguan ini juga bisa disebabkan oleh sambaran petir, frekuensi radio, dan pemasangan listrik yang kurang tepat.

7. Switching Transient

Switching transient adalah gangguan kelistrikan akibat voltase yang mengalami penurunan dalam waktu singkat. Hal ini umumnya terjadi hanya dalam beberapa nanodetik dan tidak terlalu mengganggu aktivitas konsumen.

Itu dia informasi mengenai no wa pengaduan pln yang dapat kami sampaikan melalui artikel kali ini. Jangan lupa save ya teman-teman. Semoga bermanfaat!
Sumber:

UPDATE TERBARU