Sunday 5th of May 2024

Contoh Sebar Data Pinjol Galbay Bisa Spill KTP Hingga Edit Foto Pribadi, Waspada!

×

Contoh Sebar Data Pinjol Galbay Bisa Spill KTP Hingga Edit Foto Pribadi, Waspada!

--

Contoh Sebar Data Pinjol Galbay

1. Sebar Data Foto KTP

Debt collector pinjol ilegal tidak akan segan-segan menyebar foto kamu beserta KTP jika kamu tidak kunjung membayar disertai dengan ucapan-ucapan tak senonoh.


Jika data ini disebar yang lebih mengkhawatirkan adalah bisa saja foto ini dipakai orang lain untuk meminjam pinjol lain. Hal ini membuat kamu bisa terlilit utang lain jika data disalahgunakan.

2. Sebar Data Pinjol Lewat WA

Selain menghubungi satu persatu kontak di HP, pinjol ilegal bisa saja sampai membuat grup WA berisi kontak kamu untuk memaksa mereka menagih utang ke kamu.

3. Edit Foto

Pada beberapa kasus ada yang mengedit foto tak senonoh dan menyebarkannya. Dilansir dari Kompas.com, salah satu karyawan perusahaan pinjol ilegal PT ANT Information Consulting, Soza, mengakui ia melakukan hal itu karena tekanan dari pimpinan perusahaan.

Baca juga: Pengalaman Galbay Pinjol Pinjam Duit Sampai Diburu DC Hingga Bayar Utang

Baca juga: Apa Resiko Galbay Pinjol Modal Nasional? Waspada! Bisa Kena SLIK OJK

Baca juga: Resiko Gagal Bayar Pinjol UKU yang Perlu Diwaspadai, Hati-hati Kedatangan DC!

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

1. Tingkatkan Literasi Keuangan

Pinjol ilegal umumnya menawarkan pinjaman online yang dapat ditarik dalam hitungan menit. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkanmu membedakan antara aplikasi pinjaman online legal dengan yang ilegal.

2. Ajukan Pinjaman Pada Pinjol Resmi

Pinjaman online terpercaya akan terdaftar di dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas. Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjoli legal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU