Thursday 16th of May 2024

Perbedaan SNBT Dengan SBMPTN Tahun 2023 Untuk Masuk ke Perguruan Tinggi Incaran

×

Perbedaan SNBT Dengan SBMPTN Tahun 2023 Untuk Masuk ke Perguruan Tinggi Incaran

--

Pada tahun 2023 ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang merupakan salah satu jalan mewujudkan Merdeka Belajar.

Perbedaan SNBT Dengan SBMPTN Tahun 2023

1. Materi Tes


Pada SBMPTN, peserta masih dibebani tes mata pelajaran atau disebut dengan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Sedangkan SNBT 2023, peserta nantinya hanya akan menghadapi tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

2. Ketentuan umum dan syarat

Peserta yang mendaftar jalur SNBT, hanya diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) satu kali untuk mendaftar SNBT dan penerimaan PTN 2023.

Baca juga: Link Mental Age Test Gratis yang Viral di TikTok, Yuk Cek Seberapa Dewasa Pemikiran Kamu di Sini

Baca juga: Daftar Frekuensi TV Digital Cianjur dan Sekitarnya, Lengkap dengan Tata Cara Cek Siaran

Baca juga: 3 Cara Cek Nomor Smartfren Kamu Sendiri Bisa Lewat SMS atau Dial Up

SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan.

3. Portofolio

Untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio. Peserta yang akan mengikuti tes UTBK juga diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000.

Itu dia informasi sekilas yang bisa kami sampaikan untuk kamu yang ingin dapatkan tentang pembahasan skema terbaru seleksi calon mahasiswa baru dengan SNPMB 2023. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU