Thursday 18th of April 2024

Kisi Kisi Tes Skolastik di SNBT Masuk Perguruan Tinggi Tahun 2023, Pahami Dan Pelajari Sebelum Test!

×

Kisi Kisi Tes Skolastik di SNBT Masuk Perguruan Tinggi Tahun 2023, Pahami Dan Pelajari Sebelum Test!

--

ASCOMAXX.com - Tes Skolastik sudah disesuaikan dengan Kebijakan Kurikulum Merdeka yang diterapkan Kemendikbudristek. Implementasi kurikulum baru tersebut di tingkat sekolah, yaitu sekolah tidak lagi menerapkan penjurusan keilmuan. Dengan demikian, tes masuk perguruan tinggi juga didesain lebih umum.

Berdasarkan informasi resmi dari SNPMB BPPP, selaku penyelenggara resmi UTBK-SNBT, materi tes UTBK SNBT tahun 2023 terdiri dari dua komponen besar, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi. Nah, masing-masing topik terdiri dari beberapa jumlah soal yang harus dikerjakan dalam selang waktu berbeda-beda. 


Baca juga: Contoh Soal-soal UTS Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawabannya!

Baca juga: Kumpulan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 PDF, Cermati Setiap Soal yang Ada!

Baca juga: Download Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 9 Kurikulum 2013 Terlengkap

Kisi-Kisi Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan berpikir kamu, khususnya kemampuan untuk memahami dan bernalar. Kemampuan ini diperlukan untuk dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi. TPS ini sudah pernah diujikan di UTBK tahun-tahun sebelumnya.

1. Penalaran Umum (30 soal, 30 menit)

Penalaran Umum adalah subtes yang menguji kemampuan kamu dalam memecahkan masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya, serta kemampuan bernalar secara abstrak. Subtes Penalaran Umum terdiri dari tiga komponen, yaitu Penalaran Deduktif, Penalaran Induktif, dan Penalaran Kuantitatif.

Sumber:

UPDATE TERBARU