Friday 26th of April 2024

Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten: Profil, Lokasi, dan Jenjang Pendidikan

×

Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten: Profil, Lokasi, dan Jenjang Pendidikan

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai profil Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Contoh Desain Dekorasi Panggung Pengajian Sederhana yang Islami dan Modern

Baca juga: Rekomendasi Nama Usaha Menurut Islam yang Baik dan Berkah, Lengkap dengan Artinya!

Baca juga: Pondok Pesantren Salafi Adalah : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kurikulumnya, Metode Belajar Modern Dengan Akidah Islam

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Daar El-Qolam

Melansir dari berbagai sumber, Pondok Pesantren Daar El-Qolam merupakan gagasan Haji Qasad Mansyur yang direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief (1942-1997).

Lembaga pendidikan Islam ini merupakan model integrasi antara sistem pendidikan pondok dengan sistem pendidikan madrasah dan sekolah. Hingga Juli 2012, Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah pondok pesantren terbesar di Banten, dengan jumlah kurang lebih 5000 jiwa.

Sumber:

UPDATE TERBARU