Sunday 26th of May 2024

Pondok Pesantren Salafi Adalah : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kurikulumnya, Metode Belajar Modern Dengan Akidah Islam

×

Pondok Pesantren Salafi Adalah : Pengertian, Ciri-Ciri dan Kurikulumnya, Metode Belajar Modern Dengan Akidah Islam

--

ASCOMAXX.com - Pesantren, atau pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan agama khas Indonesia --khususnya Jawa-- telah menjadi sebuah lembaga yang sudah mengakar dalam masyarakat.  Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang dilaksanakan dengan sistem asrama (pondok) dengan kiai sebagai figur utama dan masjid sebagai pusat aktivitasnya. Yang pastinya dengan keberadaan pondok ini bisa menjadi sarana dakwah sekaligus metode pembelajaran.

Metode pengajaran yang disampaikan dalam pesantren pada umumnya yaitu kiai membacakan kitab tertentu dalam waktu tertentu sementara santri dengan membawa kitab yang sama mendengarkan sambil memberikan catatan-catatan penting sesuai dengan penjelasan kiai. Kemudian santri diminta untuk membacakan kitab pilihan, sementara kiai mendengar dan memperhatikan bacaanya sekaligus mengoreksi jika ada kesalahan bacaan. 


Baca juga: 5+ Pondok Pesantren Modern Untuk Putri Terbaik di Indonesia, Fasilitas dan Jenjang Pendidikan Lengkap

Baca juga: Daftar Pondok Pesantren Modern, Biaya Murah, dan Terbaik di Indonesia, Dapatkan Pendidikan Agama yang Berkualitas!

Baca juga: Daftar Pondok Pesantren di Semarang Kota, Miliki Fasilitas Lengkap Untuk Santri Putra Putri

Sekarang ini banyak sekali pesantren yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia . Kamu bisa menentukan pesantren mana yang akan dipilih. Ada dua jenis pesantren, yaitu Pesantren Salafi dan Pesantren Modern. Lalu apa pengertian dari pesantren Salafiyah? Arti kata salaf merupakan bahasa Arab yang berarti terdahulu, klasik, kuno atau tradisional. Jadi pengertian dari Pesantren Salafiyah adalah pondok pesantren yang mengkaji “kitab-kitab kuning” (kitab kuno) dengan Kyai sebagai pengajarnya dan terjun langsung untuk berhadapan dengan para santri.

Ada beberapa ciri-ciri dari Pesantren Salafiyah :

    • Santri lebih hormat terhadap kyai, guru atau seniornya
    • Kajian yang digunakan masih menggunakan kitab kuning
    • Sanksi yang diberikan jika santri melakukan bersifat non-fisik seperti mengaji
    • Sistem penerimaan santri tanpa seleksi. Setiap santri yang masuk langsung diterima.
    • Berafiliasi kultural ke Nahdlatul Ulama (NU)
    • Keseharian santri lelaki memakai sarung

Sumber:

UPDATE TERBARU