Sunday 19th of May 2024

Sistem Perkuliahan di Indonesia : Semester, Materi Pembelajaran, Sistem Penilaian, Magang/KKN Hingga Skripsi

×

Sistem Perkuliahan di Indonesia : Semester, Materi Pembelajaran, Sistem Penilaian, Magang/KKN Hingga Skripsi

--

Pembelajaran

Masih ada laporan evaluasi hasil pembelajaran yang jika di sekolah disebut rapor, maka di kampus disebut Indeks Prestasi (IP). IP sendiri ada dua jenis, yaitu IP semester dan IPK atau IP kumulatif. IP semester atau sering disebut IP saja adalah kumulasi dari nilai  hasil belajar mahasiswa dibagi jumlah beban sks dalam satu semester. Jumlah SKS maksimal yang boleh diprogramkan mahasiswa setiap semesternya adalah 24 SKS. 

Baca juga: Download Soal-soal Porogapit SD/MI Bilangan Ratusan Serta Jawaban Lengkapnya


Baca juga: Link Download Soal TPA (Tes Potensi Akademik) PDF Gratis, Pelajari Ini Untuk Persiapkan Diri Masuk Kuliah

Baca juga: Universitas Trisakti : Tentang, Program Studi, Akreditasi, Jurusan, Jadwal Pendaftaran 2023 Hingga Biaya Kuliah

Sistem Penilaian

Sistem penilaian di universitas umumnya menggunakan huruf A, B, C, D, dan E untuk nilai pada tiap-tiap mata kuliah, dan Indeks Prestasi untuk ukuran keberhasilan pencapaian tiap semester. A memiliki bobot skor 4, B bobot skornya 3, C bobot skornya 2, D bobot skornya 1, dan E bobot skornya 0.  

Magang atau praktik kerja lapangan (PKL) dan KKN (Kerja Kuliah Nyata)

Banyak program studi (prodi) yang membuat persyaratan yaitu mahasiswa menjalani masa PKL atau magang. Tujuannya agar bisa mengenal dunia kerja dan mengaplikasikan ilmu dari kampus. Program pengabdian kepada masyarakat ini biasanya dijalani mahasiswa di berbagai daerah sekitar kampus. Bahkan, kini semakin banyak perguruan tinggi mengirim mahasiswa untuk menjalani KKN di penjuru Nusantara hingga luar negeri. 

Sumber:

UPDATE TERBARU