Monday 6th of May 2024

Sistem Perkuliahan di Indonesia : Semester, Materi Pembelajaran, Sistem Penilaian, Magang/KKN Hingga Skripsi

×

Sistem Perkuliahan di Indonesia : Semester, Materi Pembelajaran, Sistem Penilaian, Magang/KKN Hingga Skripsi

--

ASCOMAXX.com - Kuliah merupakan salah satu impian atau cita cita ketika kita sudah selesai menempuh pendidikan SMA. Ada yang ingin berkuliah di Indonesia, ada juga yang memilih ingin kuliah di luar negeri yang tentunya menjadi impian untuk membanggakan orang di sekitar kita.  Indonesia selalu memperhatikan pendidikan mulai dari SD hingga kuliah. Dewasa ini, sudah tersedia banyak universitas di berbagai kota baik itu negeri maupun swasta.

Kalender akademik yang dijalankan di universitas pastilah berbeda dengan kalender pendidikan di sekolah. Selain kalender akademik, hal mendasar lainnya yang menjadi indikator penerapan suatu sistem perkuliahan adalah kurikulum. Kurikulum menjadi patokan dalam memonitor sistem  perkuliahan di suatu universitas.


Nah maka dari itu akan kami sampaikan pada artikel kali ini dengan judul : Sistem Perkuliahan di Indonesia, Ada Apa Saja? yang perlu kamu simak untuk mengetahui sistem perkuliahan di Indonesia.

Baca juga: Kata Kata Pokok yang Dibahas Dalam Sebuah Iklan Disebut Apa? Cek Jawabannya di Sini

Baca juga: Kumpulan Soal Pembagian Hingga Puluhan Ribu Terbaru, Bisa Jadi Soal Latihan di Kelas

Baca juga: Pengertian dan Pemakaian Kecap Pagawean, Kata Kerja Dalam Bahasa Sunda Sebagai Kata Imbuhan Percakapan Sehari Hari

Semester

Mahasiswa di Indonesia akan menjalani perkuliahan selama dua semester. Jeda antara semester ganjil dengan genap dipisahkan masa libur selama dua minggu. Kemudian pada akhir tahun ajaran, yaitu setelah semester genap, mahasiswa akan mendapat waktu libur lebih panjang sekira dua bulan. Biasanya libur panjang ini berlangsung pada Juli dan Agustus. Mahasiswa juga kerap diminta untuk terjun ke lapangan dan melakukan observasi di setiap semesternya.

Kegiatan ini dilakukan dengan mengamati berbagai hal yang memang ingin difokuskan. Setelahnya, mereka akan membuat laporan terkait pengamatan tersebut. Tujuannya adalah agar mahasiswa menjadi lebih mengerti dan paham tentang pengimplementasian nyata dari bidang yang sedang dipelajarinya.

Sumber:

UPDATE TERBARU