Friday 17th of May 2024

Mengenal Penyakit Kista Ovarium: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

×

Mengenal Penyakit Kista Ovarium: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

--

Penyebab dan Gejala Kista Ovarium

Terbentuknya penyakit kista ovarium ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti siklus menstruasi atau pertumbuhan sel yang tidak normal. Meskipun sebagian besar kista ovarium bersifat non-kanker (jinak), ada kemungkinan bahwa dalam beberapa kasus, kista ovarium dapat berkembang menjadi ganas.

Kebanyakan kista ovarium memiliki ukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala. Biasanya, kista-kista ini akan hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan. Kista menjadi masalah ketika tidak menghilang atau terus membesar. Dalam situasi ini, penderita dapat mengalami nyeri panggul atau perut kembung.


Baca juga: Arti Kode ICD Low Vision, Diagnosis Untuk Penyakit Rabun Jauh yang Hambat Penglihatan dan Aktifitas

Baca juga: Daftar Kode ICD 10 Pada Penyakit GERD, Jangan Sepelekan! Bisa Sebabkan Kematian

Baca juga: Berapa Kode ICD 10 Pada Kolesterol? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Penyebabnya!

Cara Pengobatan Kista Ovarium

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua kista ovarium memerlukan pengobatan. Dokter akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap ukuran, jenis, dan gejala yang mungkin timbul untuk menentukan perawatan yang tepat.

Pengobatan kista ovarium dapat mencakup pengawasan dan pemantauan terhadap perkembangan kista, penggunaan obat-obatan untuk mengatur hormon, atau dalam beberapa kasus, tindakan bedah untuk mengangkat kista tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait penyakit kista ovarium beserta gejala, penyebab dan cara pengobatan yang umum terjadi atau biasa menyerang pada wanita. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU