Monday 20th of May 2024

Pondok Pesantren Miftahul Huda Bogor: Profil, Sejarah, dan Sistem Pendidikan

×

Pondok Pesantren Miftahul Huda Bogor: Profil, Sejarah, dan Sistem Pendidikan

--

Sejarah Pondok Pesantren Miftahul Huda

Diketahui jika Pondok Pesantren Miftahul Huda Bogor yang diasuh oleh KH. Badru Tamam, M.E.I, dibangun dan didirikan pada tahun 1992 sebagai perwujudan dari niat amal ibadah, rasa cinta dan ittiba terhadap pendiri Pondok Modern Gontor, yakni KH. Ahmad Sahal, KH. Imam Zarkasyi, dan KH. Zainuddin Fanani yang bercita – cita mendirikan seribu Gontor di Indonesia.

Baca juga: Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto, Telah Berhasil Maju Melalui Teknologi Mutakhir


Baca juga: Rekomendasi Pesantren Tahfidz Qur’an di Semarang, Miliki Fasilitas Lengkap dan Sistem Pendidikan Terbaik

Baca juga: Mengenal Sistem ERD Perpustakaan Lengkap Dengan Pengertian, Fungsi, dan Mcam-Macam Kasusnya

Secara identitas Ponpes Miftahul Huda Bogor jelas merupakan pesantren modern yang mengkombinasikan pendidikan agama dan umum secara seimbang, yang kemudian disempurnakan dengan tambahan program kajian kitab kuning serta tahfidz Qur’an.

Lokasi Pondok Pesantren Miftahul Huda

Pondok Pesantren Miftahul Huda sendiri berlokasi di Jl. Letkol Atang Sanjaya No. 111 A, Kp. Bantarjaya RT. 01 RW. 01, Ds. Bantarjaya, Kec. Rancabungur, Kab. Bogor – Jawa Barat. Alamat ini mudah ditemukan karena lokasinya dekat dengan MTs Al Muasyaroh.

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda

Sistem pendidikan Ponpes Miftahul Huda merujuk pada kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI Gontor) dengan masa pendidikan 6 tahun bagi tamatan SD / MI (3 tahun MTs dan 3 tahun MA). Lebih lengkap tentang KMI bisa dibaca di sini.

Kurikulum ponpes juga mengikuti kurikulum satuan pendidikan mu’adalah (SPM) sesuai dengan peraturan Menteri Agama RI No. 18 tahun 2018. Artinya materi belajar santri terdiri dari kelompok bidang studi keislaman, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan pelajaran umum.

Sumber:

UPDATE TERBARU