Saturday 27th of April 2024

Babasan Sunda Artinya Adalah? Ini Dia Pengertiannya Beserta Contoh dan Arti Bahasa Indonesia

×

Babasan Sunda Artinya Adalah? Ini Dia Pengertiannya Beserta Contoh dan Arti Bahasa Indonesia

--

ASCOMAXX.com - Dalam setiap bahasa pasti ada sebuah ungkapan dan peribahasa. Demikian juga dalam bahasa Sunda, dikenal dengan sebutan babasan dan paribasa. Babasan adalah gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna anggota-anggotanya atau kata/frasa yang mengandung arti kiasan. Adapun paribasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau hal yang mengungkapkan kelakuan, perbuatan, atau hal yang mengenai diri seseorang.

Nah berikut ini kami akan menjabarkan mengenai Babasan Sunda yang pastinya bisa berguna buatmu untuk mempelajari kosakata dalam bahasa sunda, apalagi jika kamu sedang ingin mempelajari bahasa sunda wajib sekali untuk membaca artikel ini sampai akhir.


Babasan biasanya terdiri atas dua kata. Biasanya babasan sunda menggambarkan kelakuan, perasaan, sifat atau kondisi yang dialami oleh manusia. Babasan diucapkan dalam situasi tertentu sebagai pangeling (pengingat) akan perilaku yang sebaiknya dilakukan ataupun mencegah perilaku yang dilarang. 

Baca juga: 5 Metode Padika Biantara yang Harus Kamu Tau, Sampaikan Pidato Bahasa Sunda dengan Baik

Baca juga: Contoh Kalimat Gurat Batu dalam Bahasa Sunda, Disertai dengan Arti Bahasa Indonesia

Baca juga: Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2, Lengkap Dengan Jawabannya

Bahasa sebagai warisan dari nilai-nilai kebudayaan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari, karena bahasa merupakan salah satu alat utama yang dipergunakan untuk mewariskan nilai-nilai budaya dalam suatu kelompok masyarakat. Bahasa Sunda digunakan oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

Sedangkan untuk pengertian Babasan berbeda dengan paribasa karena paribasa lebih kepada perumpamaan yang menitikberatkan pada hal berbuat baik, melarang perbuatan buruk, ataupun hal lainnya yang berisi petuah nilai-nilai kehidupan.

Sumber:

UPDATE TERBARU