Thursday 16th of May 2024

Papatah Semar Kahirupan Bahasa Sunda, Para Pecinta Wayah Pasti Tau Nih!

×

Papatah Semar Kahirupan Bahasa Sunda, Para Pecinta Wayah Pasti Tau Nih!

--

Seperti orang-orang Sunda, akan mengenal bahasa Sunda dan ternyata banyak yang membuat orang luar daerah tersebut bingung dengan bahasanya. Tidak disangka banyak kata dalam bahasa Sunda yang membuat orang-orang luar daerah tersebut penasaran. Salah satunya pada kata muhun yang selengkapnya dapat diketahui pembahasannya berikut ini.

Papatah Semar Kahuripan

Kieu deuleu ucu! Saperkara déwék téh sono. Kaduana ti éta memang ieu teh aya hal-hal anu baris ditepikeun wé, anu baris dipadungdengkeun ngeunaan hirup jeung kahirupan urang sapopoé.


Begini nak! Pertama, simkuringini kangen. Keduanya ada hal-hal yg akan disampaikan, yg akan diperbincangkan ihwal hidup & kehidupan sehari-hari.

Naon sabab? Heu da urang téh lain asli penduduk Tumaritis, sanajan ngaku jelema penduduk di dieu, lembur di dieu padahal aslina mah urang téh ti ahérat. Boh ngaku urang Cikonéng Bojongsoang, tetep wé bakal mulang ka asalna.

Apa sebabnya? Karena kita bukan penduduk Tumaritis, meskipun mengaku penduduk di sini, kampung di sini, padahal aslinya kita dr alam baka. Baik mengaku orang Cikoneng Bojongsoang, tetap saja akan kembali ke asalnya.

Cirina naon? Ieu wujud ditungtut ku waktu, awak diala ku mangsa, diri diciwitan wanci. Dina harti urang saréréa kumelendang di alam dunya téh hiji waktu mah bakal pinanggih jeung poé ahir, anu ngandung harti poé pamungkas, raga ditinggalkeun nyawa. Heueuh maot pingaraneunana.

Baca juga: Kumpulan Pribahasa Pepeling Sunda Keur Kahirupan Beserta Artinya, Pas Diterapkan Untuk Kehidupan Sehari Hari

Baca juga: Kata Mutiara Menyambut Bulan April Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya, Beri Afirmasi Positif Untuk Jadi Lebih Baik!

Baca juga: Peribahasa Sunda Adigung Hartina, Tabiat Manusia Tentang Kerendahan Hati

Cirinya apa? Wujud ini terus dikurangi oleh waktu. Dalam artian kita semua yg hidup di dunia ini suatu tatkala akan bertemu dgn hari simpulan, raga ditinggalkan nyawa. Iya mati namanya.

Tah dina lebah dieu, balik wé kana poko. Yén urang sakalu manusa anu hirup di alam dunya téh, sabenerna mah ucu! ngabogaan pancén ti nu kagungan urang, ti nu murbéng alam.

Sumber:

UPDATE TERBARU