Monday 20th of May 2024

Affandi adalah Seorang Maestro Lukisan Dari Indonesia Dalam Aliran Apa? Cek Jawaban dan Penjelasannya di Sini

×

Affandi adalah Seorang Maestro Lukisan Dari Indonesia Dalam Aliran Apa? Cek Jawaban dan Penjelasannya di Sini

--

Affandi adalah Seorang Maestro Lukisan Dari Indonesia Dalam Aliran Apa?

Affandi adalah seorang pelukis ekspresionis yang dikenal melalui teknik khas dengan cara menumpahkaan cat dari tube-nya langsung pada kanvas. Affandi menyebut dirinya sendiri sebagai “Pelukis Kerbau” yang tak peduli akan teori.

Ekspresionisme merupakan sebuah aliran seni rupa yang menganggap bahwa seni adalah sesuatu yang keluar dari diri seniman, bukan dari peniruan alam dunia.


Seniman memiliki ingatan dan cara pandang tersendiri dari apa yang pernah dilihatnya di alam, lalu diekspresikan pada karyanya. Seniman ekspresionis mengacuhkan berbagai teknik penciptaan formal untuk mendapatkan ekspresi yang lebih murni dan tanpa tekanan dari kepentingan ekstrinsik seni.

Baca juga: Contoh Lukisan Cat Air Gambar Pemandangan Untuk Pemula, Bisa Buat Bahan Inspirasi Kamu!

Baca juga: Contoh Gambar Poster Buang Sampah Pada Tempatnya, Mudah Ditirukan Untuk Tugas!

Baca juga: Download Lukisan Manusia Dengan Alam Sekitar yang Mudah Ditiru Untuk Tugas Sekolah

Untuk ciri-ciri dari aliran lukisan ini sendiri adalah sebagai berikut:

  • Sering kali menunjukan jenis emosi keksalan dan sebuah espresi emosi emosi.
  • Ungkapan isi hati seseorang.
  • Pemilihan Warna diutamakan.
  • Imajinasi seseorang.

Lukisan aliran ekspresionisme sendiri sudah diterapkan beberapa seniman, termasuk Affandi. Lukisan Affandi dengan aliran ekspresionisme berjudul Potret Diri (1981).

Lukisan Potret diri sendiri merupakan salah satu tema yang paling sering dibawakan oleh Affandi. Lukisan ini meletakan fokusnya pada wajah sosok laki-laki tua yang merupakan dirinya sendiri.

Komposisi lukisan karya Affandi ini terdiri dari garis-garis melengkung, bergelombang, tebal, berantakan dan bertekstur kasar. Warna yang digunakan sangatlah kontras dan hangat.

Bagaimana, menarik sekali bukan informasi mengenai jawaban dari Affandi adalah seorang maestro lukisan dari Indonesia dalam aliran apa kali ini? Jika kamu gemar mengikuti pembahasan seperti ini maka jangan lupa ikuti ascomaxx.com dan nantikan setiap informasi menarik lainnya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU