Wednesday 15th of May 2024

Fakta Unik Pakaian Adat Bali Jaman Dulu Buat Kaum Perempuan Tidak Menggunakan Bra atau Penutup Dada

×

Fakta Unik Pakaian Adat Bali Jaman Dulu Buat Kaum Perempuan Tidak Menggunakan Bra atau Penutup Dada

--

Fakta Unik Pakaian Adat Bali Jaman Dulu

1. Tergambar di Lukisan Antonio Blanco


||


Dikutip dari beberapa sumber keberadaan perempuan Bali kuno ini sampai terdengar ke telinga wisatawan mancanegara. Salah satu fakta yang mungkin bisa menceritakan sejarah ini terlihat dari beberapa lukisan Antonio Blanco. Yang memotret kehidupan di Pulau Dewata kala itu.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa gaya berpakaian wanita-wanita Bali saat masih belum mengenal penutup dada dapat dilihat di Museum Blanco yang terletak di Ubud, Bali. 

2. Pakaian Adat Bali Jaman Dulu No Sensor


||

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini semakin terkikis dan hingga akhirnya tidak ada lagi yang melakukan hal tersebut. Yang mana pada 1990-an peraturan tersebut dihapuskan dan membuat tradisi ini sudah tidak lagi banyak terlihat di Bali.

Baca juga: Model Baju Gamis Brokat Ibu-Ibu Modern 2023, Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh Ya!

Baca juga: Colorful! Ini 7 Trend Warna Baju Tahun 2023 yang Penuh Warna-Warni Ceria Buat Kamu Si Paling Ekspresif

Baca juga: Tips Buka Usaha Toko Baju Murah Meriah Serba 35ribu, Bisnis Auto Laris Manis dan Cuan Mengalir

3, Makna Kejujuran

Perempuan Bali Kuno tidak mengenakan bra lantaran ada kepercayaan pada masa itu di mana perempuan yang membiarkan setiap orang melihat bentuk payudaranya menandakan dirinya jujur.

Ada makna lainnya di mana si perempuan secara tidak langsung sengaja memperlihatkan payudaranya kepada setiap orang namun dia bisa menjaga "barang mahal" tersebut, maka si perempuan dianggap hebat.


||

Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian. Sekian ulasan mengenai update informasi fakta menarik terkait pakaian adat bali jaman dulu yang mengejutkan. Kami harap artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu.

Sumber:

UPDATE TERBARU