Sunday 19th of May 2024

6 Fakta Kota Cilegon yang Mendapat Sebutan Kota Baja, Industri Baja Terbesar di Asia Tenggara Ada Disini

×

6 Fakta Kota Cilegon yang Mendapat Sebutan Kota Baja, Industri Baja Terbesar di Asia Tenggara Ada Disini

--

ASCOMAXX.com - Sebelum membahas mengenai fakta-fakta menarik di kota ini ketahui lebih dekat tentang seluk beluk kota ini ya. Cilegon adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten. Tepat di ujung barat laut Pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Luas wilayahnya 175 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 383.854 jiwa.

Kota ini dikenal sebagai kota industri dengan julukan kota Baja. PT Krakatau Steel yang berkantor pusat di Cilegon memproduksi enam juta ton baja per tahun.


Baca juga: Di Episode Berapa Luffy Menggunakan Gear 4 Pada Anime One Piece, Cek di Sini Fakta dan Kekuatannya

Baca juga: Apakah STB Welhome Bagus? Begini Kegunaan dan Manfaat nya, Cek Fakta Lengkap Disini!

Baca juga: Penyebab Checkout Gagal Error f01 Di Shopee , Cek Fakta Selengkapnya Disini!

Industri baja di Cilegon sudah berjalan sejak tahun 1962, jadi bisa dibayangkan betapa berpengalamannya mereka dalam industri ini.

Kawasan industri juga menjadi salah satu objek vital yang dimiliki Cilegon. Selain itu, ada Pelabuhan Merak, PLTU Suralaya, Pelabuhan Cigading Habeam Center, PLTU Krakatau Daya, (Rencana) Pembangunan Jembatan Selat Sunda dan (Rencana) Kawasan Industri Berikat Selat Sunda dan Rencana Pengolahan Air Industri Krakatau Tirta, yang terdaftar sebagai objek vital. .

Berikut beberapa fakta menarik Kota Cilegon yang merupakan pusat industri baja di Indonesia dan Asia Tenggara.

Masa Kerajaan Banten

Pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa sekitar tahun 1651-1672, Cilegon merupakan sebuah desa kecil di bawah kekuasaan Kerajaan Banten. Saat itu, Cilegon merupakan rawa yang tidak banyak ditinggali orang.

Sumber:

UPDATE TERBARU