Sunday 5th of May 2024

Arti Warna di Helm Proyek, Menggambarkan Posisi Kerja di Proyek Lapangan, Anak Proyek Wajib Tau!

×

Arti Warna di Helm Proyek, Menggambarkan Posisi Kerja di Proyek Lapangan, Anak Proyek Wajib Tau!

--

Arti Warna Helm Proyek

1. Putih

Warna ini menggambarkan kasta tertinggi dalam dunia proyek, makanya digunakan khusus oleh orang-orang yang mempunyai tanggung jawab besar manajer proyek, pengawas pada proyek tersebut, para insinyur, mandor, dan tamu proyek.

2. Biru

Warna ini untuk jabatan supervisor atau pengawas sementara. Namun, para operator teknis seperti teknisi listrik, atau teknisi di material kayu pada pembangunan, hingga operator alat-alat berat menggunakan helm warna biru.

3. Hijau

Warna ini diperuntukkan untuk orang yang menjadi pengawas lingkungan, sesuai dengan warnanya yang sering dikaitkan dengan lingkungan. Orang-orang ini biasanya yang paling paham akan kondisi di sekitar lingkungan proyek

4. kuning terang

Warna ini difungsikan sebagai keselamatan, dan banyak yang menggunakan warna ini. Biasanya ditambah dengan rompi dengan warna serupa. Alasannya supaya mereka lebih gampang terlihat bila ada kendaraan lalu lalang di lingkungan proyek dan meminimalisir kecelakaan kerja. Biasanya mereka adalah para pekerja umum di lapangan, sub kontraktor, dan operator alat berat.

Baca juga: Rekomendasi Spot Wisata di Gunung Semeru yang Estetik dan Bikin Kangen, Mana Saja Nih Favoritmu

Baca juga: Cara Menyembunyikan Nomor WhatsApp Agar Tidak Terlihat Orang Lain, Manual Tanpa Aplikasi Tambahan

Baca juga: Kisah Mengerikan Hantu Herlina, Upaya Balas Dendam Orang Tua Santriwati Pakai Jin Jahat

5. Merah

Warna ini ditujukan kepada orang yang memiliki jabatan sebagai pengawas sistem pengamanan atau security officer. Biasanya, tugas dari pengawas sistem pengamanan ini yaitu memastikan semua sistem yang dipasang di lokasi proyek aman, dan sudah berjalan berdasarkan fungsi dan aturan yang ditetapkan.

6. Merah muda atau Pink

Warna ini dipakai oleh anak-anak magang yang ditugaskan untuk mengamati lingkungan proyek dan mencatat sebagai bahan pembelajaran, pekerja baru atau sebagai cadangan bagi pekerja yang kehilangan helm proyek. warna satu ini bisa dibilang jarang ada di proyek.

7. Coklat

Warna ini merujuk pada orang-orang yang bertugas sebagai tukang las atau yang berkaitan dengan suhu tinggi seperti peleburan, pertambangan, welding, dan industri perkapalan.

Demikian penjelasan dari arti warna di helm proyek.

Sumber:

UPDATE TERBARU