Wednesday 29th of May 2024

Perbedaan Program DTKS dan BDT, Ada Pengklasifikasian Tersendiri! Cek Penjelasannya Disini

×

Perbedaan Program DTKS dan BDT, Ada Pengklasifikasian Tersendiri! Cek Penjelasannya Disini

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai perbedaan BDT dan DTKS yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui jika pemerintah Indonesia selalu memiliki program untuk warga negaranya. Dengan adanya program-program tersebut, pemerintah berharap agar bisa meningkatkan nilai hidup dari warga dan mereka bisa hidup lebih mandiri.


Program bantuan yang digencarkan oleh pemerintah ada berbagai macam termasuk BDT dan DTKS. Lantas, apa bedanya dari kedua program tersebut? Baca artikel ini sampai habis agar bisa mengetahui jawabannya!

Baca juga: Perbedaan Istilah Wota, Otaku, dan Wibu! Terlihat Sama Namun Memiliki Arti yang Berbeda

Baca juga: Perbedaan Tokutei Ginou dan Jisshusei yang Perlu Kalian Tau, Disertai dengan Masing-masing Keutamaannya

Baca juga: Materi Relasi dan Fungsi: Pengertian, Jenis, Rumus dan Perbedaan

Beda BDT dan DTKS

Kedua program bantuan tersebut memiliki kesamaan yaitu sistemnya berbasis data elektronik yang mengelola informasi rumah tangga miskin di Indonesia, namun fungsinya kedua berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, BDT dan DTKS adalah sebuah sistem yang sama dalam mengelola informasi rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia. Hanya saja istilah tersebut yang dirubah dahulu bernama Basis Data Terpadu (BDT) dan sekarang dirubah menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berdasarkan Dinas Sosial Palangkaraya, DTKS adalah sebuah sistem yang memberikan informasi terkait status sosial ekonomi demografi dari 40% penduduk di Indonesia yang dihitung mulai dari yang paling rendah status kesejahteraannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU