Sunday 19th of May 2024

Materi Relasi dan Fungsi: Pengertian, Jenis, Rumus dan Perbedaan

×

Materi Relasi dan Fungsi: Pengertian, Jenis, Rumus dan Perbedaan

--

ASCOMAXX.com - Saat belajar matematika maka kita akan menjumpai materi relasi dan fungsi. Keduanya ini biasanya diajarkan di tingkat sekolah menengah pertama atau kelas 8. Untuk memahami apa itu relasi dan fungsi beserta rumus hingga cara menghitungnya, pada kesempatan ini kita bahas tentang materi tersebut lebih dalam. Kita awali dari definisi relasi.

Apa itu Relasi?

Dalam kamus bahasa Indonesia relasi diartikan sebagai hubungan dan bisa dibilang merupakan turunan dari bahasa Inggris, relation. Dalam konteks himpunan, relasi adalah hubungan antara anggota himpunan dengan anggota himpunan lainnya. Lebih jelasnya, kita bayangkan ada dua himpunan yang diberi nama Himpunan A dan Himpunan B. Keduanya disebut mempunyai relasi apabila ada anggota himpunan satu yang berpasangan dengan anggota himpunan lainnya.

Jenis Relasi


Relasi terbagi menjadi beberapa macam. Antara lain relasi invers, simetrik, refleksif, anti simetrik, hingga relasi transitif. Berikut penjelasan singkat masing-masing jenis tersebut:

- Relasi Refleksif

Suatu relasi R dalam A disebut mempunyai sifat refleksif apabila setiap elemen A berhubungan dengan dirinya. Sebagai gambaran, relasi yang mempunyai sifat refleksif merupakan relasi “x selalu bersama y”. Artinya apabila x dan y merupakan anggota himpunan seluruh manusia, maka dapat dikatakan bahwa setiap orang pasti selalu bersama dengan dirinya sendiri.

- Relasi Irefleksif

Selanjutnya juga ada relasi irefleksif. Relasi R dalam A dikatakan irefleksif apabila setiap elemen A tidak berkaitan dengan dirinya sendiri. Contohnya relasi refleksif merupakan relasi “x dapat menambal gigi y dengan sempurna”, dengan pernyataan x dan y merupakan dokter gigi. Apabila setiap orang hanya bisa menambal gigi orang lain dengan sempurna, maka hal tersebut termasuk ke dalam sifat irefleksif. Sebab tidak ada dokter gigi yang bisa menambal giginya sendiri.

Baca juga: Materi Polinomial Kelas 11: Pengertian, Penjelasan, Rumus, dan Contoh Soal

Baca juga: Link Download Kumpulan Soal Ujian Polinomial Kelas 11 Kurikulum Merdeka, Bentuk PDF/Doc

Baca juga: Contoh Cerita Mudik Lebaran Singkat, Padat dan Jelas, Bikin Cerita Terasa Lebih Menarik dan Mengesankan

Sumber:

UPDATE TERBARU