Saturday 4th of May 2024

Contoh Soal Invers Matriks 4x4 dan Jawabannya Lengkap Dengan Cara Mengerjakannya

×

Contoh Soal Invers Matriks 4x4 dan Jawabannya Lengkap Dengan Cara Mengerjakannya

--

ASCOMAXX.com - Berikut ini kami akan berikan informasi mengenai contoh soal invers matriks 4X4 dan jawabannya lengkap dengan cara mengerjakannya yang bisa kalian pelajari sebelum mengikuti ujian. Berikut ini pembahasannya.

Fungsi invers sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu fungsi injektif, surjektif, dan bijektif. Secara umum tidak semua fungsi memiliki fungsi invers. Hanya fungsi bijektif (injektif dan surjektif) saja yang memiliki invers.


Fungsi yang berkebalikan operasinya dari fungsi asalnya disebut sebagai fungsi invers. Fungsi ini memetakan anggota yang ada di range fungsi asal ke anggota yang ada di domain fungsi asal.

Baca juga: Download Kumpulan Soal Program Linear Matematika, Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Baca juga: Daftar Materi Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Lengkap, Curi Strat Duluan Yuk

Baca juga: Download Buku Matematika Kelas 8 SMP/MTS Semester 1 Kurikulum Merdeka Untuk Siswa GRATIS, Belajar Makin Gampang

Fungsi invers dituliskan sebagai f-1. Namun, perlu diingat bahwa −1 di sini bukan merupakan suatu pangkat. Dari definisi fungsi invers yang baru dijelaskan sebelumnya.

Cara Mencari Invers Matriks

Saat mendengar kata invers, kamu pasti teringat materi fungsi invers yang pernah kamu pelajari sebelumnya. Invers dapat juga diartikan sebagai lawan dari sesuatu (kebalikan).

Invers matriks adalah kebalikan (invers) dari sebuah matriks. Jadi, apabila matriks tersebut dikalikan dengan inversnya, maka akan menjadi matriks identitas. 

Sumber:

UPDATE TERBARU