Wednesday 8th of May 2024

Kumpulan Contoh-contoh Suluk, Mulai Sukarasa hingga Malang Sumirang

×

Kumpulan Contoh-contoh Suluk, Mulai Sukarasa hingga Malang Sumirang

--

ASCOMAXX.com – Pembahsan artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang salah satu budaya Indonesia yakni suluk. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mari simak pembahasan berikut ini ya.

Indonesia memang terkenal memiliki berbagai macam suku dan juga budaya. Secara singkat mungkin kita bisa menyebutnya suluk adalah kitab-kitab yang menceritakan masalah tasawuf.

Mengenal Apa Itu Suluk


Kata suluk berasal dari terminologi Al-Qur'an, Fasluki, dalam surah An-Nahl [16] ayat 69, Fasluki subula rabbiki zululan, yang artinya: "Dan tempuhlah jalan Rabb-mu yang telah dimudahkan (bagimu). Seseorang yang menempuh jalan suluk disebut salik".

Baca juga: Lirik Lagu The Impatient Sisters-Seringkali, OST Drama Malaysia Jaga Aku Selamanya

Baca juga: Harga dan Cara Bergabung Franchise Baso Aci Akang, Usaha Kemitraan Viral Dengan Sistem Bagi Hasil yang Sedang Banyak Dilirik Investor

Baca juga: Daftar 7 Jurusan Sepi Peminat di UGM (Universitas Gadjah Mada) Tahun 2023, Tak Banyak Dilirik Tapi Punya Prospek Menjanjikan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suluk adalah jalan ke arah kesempurnaan batin. Selain itu, kamu juga bisa memahami suluk adalah pengasingan diri atau khalwat.

Suluk merupakan suatu istilah yang dikaitkan dengan suatu arah untuk meuju ke kesempurnaan batin yang lebih sempurna. Suluk biasanya akan berhubungan dengan istilah – istilah lain seperti tasawuf, tarekat, dan juga sufisme.

Sumber:

UPDATE TERBARU