Sunday 19th of May 2024

Kenali Aksara Lampung Beserta Cara Membaca dan Media Penulisannya Lengkap, Belajar Bahasa Jadi Makin Mudah!

×

Kenali Aksara Lampung Beserta Cara Membaca dan Media Penulisannya Lengkap, Belajar Bahasa Jadi Makin Mudah!

--

ASCOMAXX.com – Jika kamu ingin menambah wawasan soal budaya bahasa, artikel ini solusinya. Kali ini kami akan membahas mengenai aksara bahasa Lampung beserta dengan contoh nya. Bahasa aksara lampung ini sangat khas baik cara penulisan maupun pelafalan nya. Maka dari itu simak terus sampai akhir artikel ini supaya dapat menambah wawasan kamu.

Aksara Lampung menjadi salah satu pembentuk rumpun aksara kaganga di Sumatera, yang bersama dengan aksara Rejang dan Kerinci. Rumpun aksara ini memiliki ciri khas goresan patah-patah dan sederhana dibanding aksara kawi.


Baca juga: Mengenal Aksara Sunda A Sampai Z, Dilengkapi dengan Contohnya

Baca juga: Cara Mudah Translate Aksara Sunda ke Latin yang Paling Akurat, Cukup Pakai Situs atau Aplikasi Gratis Ini

Baca juga: Contoh Sandhangan Aksara Jawa Sesuai dengan Jenisnya, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sistem abugida yang digunakan memiliki 4 unsur di antaranya yaitu kelabai surat (20 aksara dasar), benah surat (12 diakritik), angka, dan tanda baca. Arah penulisan aksara Lampung dari kiri kekanan. Naskah Lampung yang ditemukan pada abad 18 yang dibuat dai media tradisional seperti kayu, kuli kayu, bambu, rotan, dan tanduk binatang.

Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda, dan huruf konsonan lambing, angka, dan tanda baca. Aksara Lampung disebut sebagai Kaganga karena ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan. Cara membaca bahasa lampung juga sangat mudah, biasanya orang akan memakai bahasa dialek A atau Api.

Sumber:

UPDATE TERBARU