Sunday 19th of May 2024

Contoh Sandhangan Aksara Jawa Sesuai dengan Jenisnya, Berikut Penjelasan Lengkapnya

×

Contoh Sandhangan Aksara Jawa Sesuai dengan Jenisnya, Berikut Penjelasan Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai contoh Sandhangan Aksara Jawa yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keindahan alam dan keragaman budaya juga tradisinya sejak dahulu. Jamrud khatulistiwa ini, adalah destinasi wisata yang menarik perhatian banyak turis mancanegara.


Baca juga: Download Contoh Soal PIP Paskibraka 2023 dan Kunci Jawabannya PDF/DOC, Dilengkapi dengan Materi dan Kisi-Kisi

Baca juga: Harga Menu nDalem Kopi Solo Terbaru 2023 Sajikan Ragam Menu Masakan Tradisional Ala Jawa Tengah

Baca juga: Contoh Soal USP Ujian Sekolah Administrasi Umum Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Terbaru 2023, Pelajari Dahulu Sebelum Ujian Dimulai

Karena bentang geografinya yang luas, Indonesia memiliki banyak suku yang masing-masing memiliki bahasanya sendiri. Salah satu wilayah yang paling dikenal di Indonesia adalah Jawa. Punya kebudayaan yang kental, masyarakat suku Jawa memiliki aksara sendiri yang masih dipelajari hingga kini.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Jawa memang terkenal dengan beragam budayanya. Salah satunya yang dipelajari di lingkungan sekolah adalah pembelajaran aksara dan bahasa Jawa. Aksara Jawa sendiri dikenal sebagai Hanacaraka atau Carakan.

Aksara Jawa merupakan jenis Abugida turunan dari aksara Brahmi.Aksara Brahmi sendiri pernah digunakan dalam penulisan naskah-naskah berbahasa Jawa, Makasar, Sunda, dan Sasak. Bentuk aksara Jawa digunakan sejak Kesultanan Mataram pada abad ke-17, tetapi bentuk cetak baru muncul di abad ke-19.

Sumber:

UPDATE TERBARU