Friday 29th of March 2024

Kumpulan Soal-soal UTUL/CBT UGM Terbaru 2023, Dilengkapi dengan Pembahasannya!

×

Kumpulan Soal-soal UTUL/CBT UGM Terbaru 2023, Dilengkapi dengan Pembahasannya!

--

Apabila terjadi peningkatan jumlah organisme di populasi 3, kemungkinan yang akan terjadi adalah …. 

  1. populasi 4 akan tetap sama 
  2. populasi 1 akan menurun 
  3. populasi 2 akan menurun 
  4. sumber makanan yang tersedia untuk populasi 3 akan meningkat 
  5. akan terjadi kompetisi interspesifik yang ketat di antara anggota populasi 3 untuk sumber makanan 

Jawaban: B


Pembahasan: Piramida biomassa adalah piramida yang menunjukkan berat atau massa kering total organisme hidup dari masing-masing tingkatan trofik. Piramida biomassa dibagi menjadi 2 yaitu piramida tegak dan piramida terbalik. Piramida tegak dapat ditemukan pada ekosistem terestrial, sedangkan piramida terbalik dapat ditemukan pada ekosistem akuatik. Pada soal diketahui bahwa bioma yang ditempati oleh populasi-populasi tersebut adalah tundra. Bioma tundra masuk ke dalam ekosistem terestrial, sehingga jenis piramida yang berlaku adalah piramida tegak. Apabila diurutkan berdasarkan biomassanya, maka urutan paling dasar ditempati oleh populasi 1, selanjutnya populasi 3 diikuti dengan populasi 2 dan yang paling puncak adalah populasi 4. Populasi 3 merupakan predator bagi populasi 1, jadi ketika populasi 3 mengalami peningkatan jumlah organisme, maka populasi 1 akan berkurang. 

Contoh Soal 3

3. Rekayasa genetika adalah bagian dari bioteknologi yang bertujuan untuk manipulasi DNA secara manual dengan cara mengubah karakteristik suatu organisme. Teknik manipulasi DNA dalam rekayasa genetika melibatkan beberapa komponen. Berikut ini komponen yang tidak terlibat dalam proses rekayasa genetika adalah …. 

  1. enzim restriksi 
  2. DNA ligase 
  3. DNA rekombinan 
  4. peptidoglikan 
  5. plasmid 

Jawaban: D

Pembahasan: Rekayasa genetika adalah bagian dari bioteknologi yang bertujuan untuk manipulasi DNA secara manual dengan cara mengubah karakteristik suatu organisme. Rekayasa genetika dilakukan dengan cara mengubah susunan genetik dari sel, dengan menghapus dan menambah DNA atau gen untuk meningkatkan kualitas organisme dan melampaui limitasinya. DNA atau gen yang ditambahkan merupakan hasil dari pengambilan DNA organisme lain yang unggul lalu menggabungkannya ke DNA organisme penerima, sehingga menambah sifat baru yang sebelumnya tidak terdapat pada organisme penerima. Teknik manipulasi DNA dalam rekayasa genetika melibatkan beberapa komponen.

Berikut merupakan daftar komponen dan peranannya yang terlibat dalam proses rekayasa genetika :

  • Enzim restriksi berperan untuk memotong ikatan fosfodiester pada genom DNA sehingga menjadi fragmen.
  • DNA ligase adalah enzim yang diperlukan untuk menyambung fragmen DNA.
  • DNA rekombinan adalah DNA plasmid dan DNA genom yang sudah digabungkan.
  • Plasmid adalah DNA sirkuler yang dimiliki bakteri, dalam rekayasa genetika berperan sebagai vektor untuk mentransfer DNA ke dalam organisme lain.

Sedangkan peptidoglikan adalah komponen utama dinding sel bakteri dan tidak terlibat dalam proses rekayasa genetika.

Baca juga: Download Soal OSN Matematika Tahun 2022 Tingkat SMA, Dilengkapi Jawaban dan Pembahasannya!

Baca juga: Download Soal-soal PDF OSN Matematika Tingkat SMA Terbaru, Persiapan Belajar Sebelum Lomba!

Baca juga: Kumpulan Soal OSN Matematika SMA Terbaru Lengkap Pembahasannya!

Contoh Soal 4

4. Perhatikan struktur senyawa berikut!

ugm kimia 2

Aspirin atau asam asetilsalisilat adalah sejenis obat turunan salisilat yang sering digunakan untuk penghilang rasa sakit atau nyeri. Struktur aspirin dapat dilihat di atas. Jumlah isomer optis yang mungkin ada sebanyak ….  

  1. 0
  2. 1
  3. 2
  4. 3
  5. 4

Jawaban: A

Pembahasan:

Isomer optis aktif terbentuk pada umumnya karena adanya atom C kiral. Atom C kiral adalah atom karbon yang mengikat 4 gugus atom berbeda. Salah satu ciri senyawa yang mempunyai atom C kiral adalah senyawa tersebut tidak mempunyai ikatan rangkap pada strukturnya. Aspirin yang mempunyai banyak ikatan rangkap pada strukturnya tidak mempunyai atom C kiral sehingga aspirin tidak mempunyai isomer optis aktif.

Nah, demikianlah informasi mengenai Kumpulan Soal-soal UTUL/CBT UGM Terbaru 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan sukses selalu!

Editor: Fitri Nur
TAG: #kumpulan soal #soal utul cbt ugm #soal cbt ugm #link download soal #download soal pdf
Sumber:

UPDATE TERBARU