Sunday 16th of June 2024

Download Soal OSN Matematika Tahun 2022 Tingkat SMA, Dilengkapi Jawaban dan Pembahasannya!

×

Download Soal OSN Matematika Tahun 2022 Tingkat SMA, Dilengkapi Jawaban dan Pembahasannya!

--

ASCOMAXX.com - Untuk kalian yang ingin belajar soal-soal OSN Matematika untuk tingkat SMA, berikut ini akan kami berikan contoh soal lengkap beserta jawabannya yang bisa kalian download untuk latihan soal. Kumpulan soal ini adalah pembahasan untuk soal-soal OSN tahun 2022. Berikut informasi lengkapnya. 

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di perlombaan Olimpiade Nasional Tingkat Sekolah atau ajang kompetisi bagi para siswa dalam bidang sains. Mata pelajaran ini juga menjadi perlombaan OSN dalam tingkat SMA. Berikut contoh soal OSN yang bisa dipelajari.


Matematika merupakan bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).

Baca juga: Kunci Jawaban buku Detik Detik Kelas 6 SD/MI Halaman 335-340, Pilihan Ganda dan Essay Lengkap!

Baca juga: Contoh Soal SKD Kedinasan Tahun 2023 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, Dijamin Nambah Peluang Lolos Kamu

Baca juga: Contoh Lukisan Manusia Dengan Alam Sekitar yang Mudah Ditiru, Unik, dan Menarik

Contoh Soal OSN Matematika SMA

1. Suatu bilangan bulat a ≥ 2 merupakan bilangan prima jika faktornya hanyalah a dan 1. Misalkan M menyatakan perkalian 100 bilangan prima yang pertama. Berapa banyakkah angka 0 di akhir bilangan M?

A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4

Pembahasan:

Banyaknya digit 0 di ujung penulisan desimal sebuah bilangan bergantung kepada pangkat 10 yang menjadi faktor bilangan tersebut. Dalam kasus ini faktor M yang merupakan pangkat 10 hanyalah berasal dari digit 2 dan 5 (yang prima).

Karena, faktor 2 hanya muncul sekali dalam perkalian, jadi tidak mungkin bilangan tersebut habis dibagi 10n dengan n ≥ 2 untuk setiap n bilangan asli. Akibatnya digit 0 hanya muncul sekali di ujung bilangan M.

Jawaban: B

Sumber:

UPDATE TERBARU