Wednesday 1st of May 2024

Telan Biaya 513 Miliar, Intip Pesona Bendungan Kuningan yang Sajikan Nuansa Ala Liburan di Pulau Pribadi

×

Telan Biaya 513 Miliar, Intip Pesona Bendungan Kuningan yang Sajikan Nuansa Ala Liburan di Pulau Pribadi

--

ASCOMAXX.com - Simak pesona bendungan kuningan yang bisa bikin penat langsung hilang. Baru-baru ini trend wisata bergeser dari tempat yang estetik menjadi lokasi yang bisa bikin tenang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Bendungan Kuningan, di Kabupaten Kuningan, membutuhkan waktu hingga 7 tahun dan menghabiskan biaya sebanyak Rp 513 miliar.


Bendungan Kuningan lokasinya di Sungai Cikaro Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum. Adapun total volume tampungan sekitar 25,955 juta m3.

Baca juga: Bendungan Kuningan Jadi Spot Wisata Instagenic, Cek Harga Tiket, Rute dan Jam Operasionalnya

Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Kuningan yang Sebelumnya Disebut Waduk Cileuweung

Baca juga: Sejarah Bendungan Kuningan, Baru Resmi Dibuka, Ternyata Sudah Direncankan Sejak Tahun 1983

Bendungan Kuningan baru diresmikan pada Selasa (31/8/2021) kemarin. Presiden Joko Widodo sendiri. Sebelum berdiri Bendungan Kuningan yang kita kenal sekarang, warga masyarakat sekitar kerap menyebutnya dengan Waduk Cileuweung.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung, Ir Tri Sasongko Widianto, Dipl, HE menjelaskan Bendungan Kuningan sudah direncanakan sejak tahun 1984 dan telah melalui berbagai penelitian dan studi kelayakan.

Senin (2/12/2012) dilaksanakannya Ground Breaking dan penandatangananan prasasti oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementrian PU RI Mohamad Hasan Dipl HE bersama Bupati Kuningan, H Aang Hamid Suganda untuk pembangunan Bendungan Kuningan.

Penandatangan prasasti dilaksanakan di Desa Randusari Kecamatan Cibeureum. Waduk Kuningan yang berada tepat diperbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sumber:

UPDATE TERBARU