Saturday 18th of May 2024

Contoh Kultum Singkat Tentang Sombong (Takabur), Disertai dengan Dalil-dalilnya

×

Contoh Kultum Singkat Tentang Sombong (Takabur), Disertai dengan Dalil-dalilnya

--

Allah Ta’ala berfirman dalam QS. Al Qashash Ayat 83 yang artinya:

”Negeri akhirat telah Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak menyombongkan dirinya serta tidak membuat kerusakan di muka bumi. Kesudahan yang baik itu disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.”


Dalam ayat tersebut sudah sangat jelas, bahwa Allah berjanji akan mengangkat derajat umat-Nya yang tidak tinggi hati. Allah juga menjanjikan kebahagiaan kepada mereka yang berpegang teguh terhadap ketaqwaan.

Para jamaah yang dirahmati Allah. Mulai detik ini, marilah kita sama-sama melatih diri untuk senantiasa bersikap rendah hati. Tak hanya kepada sesama umat muslim saja, namun juga mereka yang tidak memiliki keyakinan seperti kita.

Bersikap rendah hati juga tidak boleh membedakan yang kaya maupun miskin. Sama halnya dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadist yang bunyinya:

“Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku supaya kamu sama-sama bersikap rendah hati, sehingga tak seorang pun yang bisa menyombongkan dirinya kepada yang lain. Serta tak ada seorang pun yang mampu bertindak melampaui batas kepada sesamanya.”

Ucapan Rasulullah dalam hadits ini benar-benar mencerminkan bahwa manusia itu sama. Tak Ada yang mampu saling menandingi termasuk dengan hartanya sekalipun. 

Namun terkadang, gemerlap dunia menjadi menyilaukan mereka dan bertindak seperti semua bisa memiliki semua hal di dunia ini.

Nabi Muhammad juga pernah bersabda dalam Shahih Muslim, “Bagi siapa saja yang menginginkan derajat tinggi di sisi Allah SWT, maka hendaklah mereka memiliki sikap rendah hati dan berakhlak baik. Karena kedua hal inilah jalan menuju derajat tinggi tersebut.”

Menuju akhir kultum ini terdapat benang merah yang bisa kita tarik bersama. Bahwa tawadhu’ atau rendah hati mampu menjadi pemersatu hati suci para manusia, memupuk rasa sayang, cinta dan kasih.

Sumber:

UPDATE TERBARU