Saturday 4th of May 2024

Penyebab Bendungan ASI dan Ciri-Cirinya, Kenali Sejak Dini

×

Penyebab Bendungan ASI dan Ciri-Cirinya, Kenali Sejak Dini

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan menemani para bunda untuk memeriksa ciri-ciri dan penyebab dari bendungan asi yang patut diwaspadai.

Bendungan ASI adalah sebuah kondisi yang menyebabkan pembengkakan payudara pada ibu menyusui, khususnya di hari-hari awal setelah melahirkan.


Umumnya hari ke tiga setelah melahirkan, sering kali payudara terasa penuh, tegang, dan nyeri. Kondisi ini terjadi karena adanya bendungan pada pembuluh getah bening, yang menghalangi payudara mengeluarkan ASI.

Baca juga: Arti Bendungan ASI adalah, Bunda-Bunda Wajib Mengetahuinya

Baca juga: Sejarah Bendungan Cirata, Jadi Waduk Terbesar di Asia Tenggara

Baca juga: Hukum Puasa Bagi Orang yang Sudah Sangat Tua Adalah? Ini Dia Jawaban dan Dalilnya

Jadi bendungan ASI adalah kondisi payudara bengkak karena terlalu penuh sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya peningkatan aliran darah serta produksi ASI.

Dalam perkembangannya bayi membutuhkan asi eksklusif. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa memberikan tambahan makanan atau minuman lain pada bayi usia 0 hingga 6 bulan. 

ASI penting bagi kesehatan bayi yang baru lahir adalah hal yang tidak bisa digantikan dengan susu formula. Di bawah ini kami sampaikan informasinya.

Sumber:

UPDATE TERBARU