Friday 19th of April 2024

Apa Saja Peninggalan Kerajaan Kediri? Berikut Jawaban Lengkapnya!

×

Apa Saja Peninggalan Kerajaan Kediri? Berikut Jawaban Lengkapnya!

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai peninggalan Kerajaan Kediri yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dilansir dari berbagai sumber, Kerajaan Kediri atau Kerajaan Panjalu merupakan sebuah kerajaan besar yang berdiri pada abad ke-12 antara tahun 1042-1222. Kerajaan ini adalah bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Kediri bercorak Hindu.


Baca juga: Sumber Sejarah Kerajaan Kediri Adalah? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Tinggi Kandungan Vitamin C Hingga Bisa Mencegah Kanker

Baca juga: Link Video Asli TKW Singapura Botol Minum Viral No Sensor, Netizen Bertanya-Tanya Kok Bisa Masuk?

Sejarah Kerajaan Kediri

Diketahui jika Kerajaan Kediri awalnya diperintah oleh Raja Airlangga untuk membagi kerajaan menjadi dua bagian pada tahun 1041 Masehi. Pembagian kerajaan dimaksudkan untuk menghindari pertikaian.

Wilayah kerajaan Raja Airlangga dikenal sebagai Kahuripan. Pembagian kerajaan tersebut dilakukan Brahmana sakti bernama Empu Bharada. Kedua kerajaan tersebut dikenal sebagai Kerajaan Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri).

Kerajaan ini dibatasi oleh Gunung Kawi dan Sungai Brantas, seperti dikisahkan dalam prasasti Mahaksubya (1289 M), kitab Negarakertagama (1365 M), dan kitab Calon Arang (1540 M).

Sumber:

UPDATE TERBARU