Thursday 16th of May 2024

Daftar Bansos Ramadhan 2023 yang Akan Cair Lengkap Dengan Jadwalnya, Dari PKH Hingga PIP

×

Daftar Bansos Ramadhan 2023 yang Akan Cair Lengkap Dengan Jadwalnya, Dari PKH Hingga PIP

--

Daftar Bansos Ramadhan 2023

Daftar bansos Ramadhan 2023 rencananya akan dibagikan oleh Pemerintah khusus untuk membantu masyarakat dalam menyambut Bulan Suci Ramadahan yang sebentar lagi akan tiba. Bansos atau bantuan social Ramadhan 2023 dari Kemenko Perekonomian ini akan berupa bantuan pangan seperti beras, telur dan daging hewani.

Beberapa pembagian daftar bansos Ramadhan 2023 dapat diketahui sebagai berikut.


Bansos PKH

Program Keluarga Harapan salah satu Bansos yang kabarnya akan segera dicairkan oleh Pemerintah jelang Ramadhan pada bulan Maret 2023. Seperti diketahui, bahwa Bantuan PKH ini akan dicairkan dalam bentuk uang tunai berbeda dengan Bantuan Pangan.

Terkait besaran uang tunai yang diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat pun bervariasi tergantung kategori penerima bantuan PKH.

Bansos KIS PBI 

Bansos bagi pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI kabarnya juga akan dicairkan oleh Kementerian Sosial Jelang Ramadhan.

Adapun Bantuan Sosial (Bansos) Kartu BPJS Kesehatan PBI  ini akan menyasar pada para penerima yang tergolong fakir miskin atau orang yang tidak mampu.

Golongan fakir miskin atau masyarakat yang tidak mampu besar kemungkinan akan mendapatkan Bansos KIS PBI jelang Ramadhan sebesar Rp 600 ribu.

Bansos PIP Kemendikbud

Bansos PIP Kemendikbud rencannya akan dicairkan jelang Ramadhan tahun 2023 yang akan diberikan kepada seluruh Siswa, Siswi usia sekolah yang sudah terdaftar sebagai penerima Program Indonesia Pintar.

Adapun rincian bantuan yang akan diterima oleh peserta didik yang berada di tingkat Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp 450 ribu per tahun. Lalu, untuk Peserta didik dengan tingkatan SMP akan menerima nominal Rp 750 ribu per tahun. Kemudian, untuk tingkat SMA dana yang akan diterima oleh peserta didik masing-masing akan mendapatkan Rp 1 juta per tahunnya.

Baca juga: Fitur Menarik OBB Bussid V3.7.1 Terbaru Sound Hino Legend Full Rombak, Buruan Para Player Game Bussid!

Baca juga: Trik Pola Topbos di Room Panda Higgs Domino, Bisa Banjir Scatter!

Baca juga: 7 Rekomendasi Penginapan Rp 100 Ribuan di Bandung yang Bagus dan Nyaman, Nginep Hemat Tetap Enjoy

Bansos BPNT 2023

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 60p ribu akan diterima oleh masing-masing KPM yang sudah terdaftar dalam  melalui situs resmi Bansos.

Disalurkan langsung oleh Pemerintah dana Bansos BPNT 2023 bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Jadwal Bansos Ramadhan 2023

Program bansos Ramadhan 2023 ini akan didistribusikan 3 bulan sepanjang periode hari raya keagamaan. Perlu diketahui bahwa kebijakan bansos Ramadhan 2023 akan berlaku sejak Maret, April dan Mei 2023.

Nah, itu dia informasi sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai daftar penerima dan jadwal bansos Ramadhan 2023. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU